Mahasiswa Baru Antropologi, Disodori Fasilitas Lengkap

Penerimaan mahasiswa baru Universitas Airlangga 2011/2012 telah berakhir, dan mereka pun telah dikukuhkan bersama oleh Rektor pada hari Senin (15/8) baru lalu. Tak terkecuali bagi mahasiswa baru pada Departemen Antropologi, FISIP Universitas Airlangga.

Tahun ini,  Departemen Antropologi menerima sejumlah 65 mahasiswa baru. Kehadiran mereka langsung dipeluk kehangatan acara welcome party. Sebuah ajang penyambutan bagi mahasiswa baru Antropologi UNAIR. Keesokan harinya, Selasa (23/8), mahasiswa baru angkatan 2011, juga digiring untuk menghadiri acara pengenalan mereka dengan para dosen, pengurus Hima (himpunan mahasiswa) Antropologi, dan alumni.

Dalam acara perkenalan ini, mahasiswa baru memperoleh aneka materi pengenalan. Mulai dari kedisiplinan mahasiswa, pengenalan kampus, hingga tatap muka dengan para dosen dari Departemen Antropologi. Selain itu, Hima juga berkesempatan memperkenalkan program kerja yang akan dilaksanakan selama satu tahun ke depan. Sementara dari alumni, ada kesempatan untuk berbagi informasi dan pengalaman. Berbagi pengetahuan tentang peluang yang sekiranya dapat dikelola selepas lulus dari studi Antropologi.

“Tahun 2011 ini, Antropologi kembali mendapat akreditas A. Kita berhasil memperoleh nilai paling tinggi di antara Departemen lain di FISIP, UNAIR,” demikian ungkap Ketua Deparmen Antropologi, Sri Endah Kinasih, S.Sos, M.Si., dengan penuh rasa bangga. Sebagai Kadep, Sri Endah Kinasih, M.Si., juga menerangkan akan tersedianya aneka fasilitas yang dimiliki oleh Departemen Antropologi guna menunjang aktivitas perkuliahan mahasiswa.

Selain Laboratorium Antropologi Ragawi yang terdapat di Fakultas Kedokteran, Antropologi juga memiliki koleksi buku yang kini masih menjadi satu-satunya koleksi Departemen di FISIP UNAIR, yang menyediakan akses peminjaman buku bagi para mahasiswa. Di luar itu, Departemen Antropologi UNAIR juga memiliki Museum dan Pusat Kajian Etnografi, yang diperkuat dengan keberadaan Laboratorium Simulasi.

Mahasiswa baru seakan disodori aneka peluang, agar nantinya mereka dapat segera mengoptimalkan keberadaan fasilitas yang ada. Seraya ingin menambahkan, Dr. Myrtati Dyah Artaria, dra., MA., salah satu dosen pada Departemen Antropologi, menyatakan bahwa Antropologi UNAIR memiliki segudang keunikan. “Departemen Antropologi UNAIR adalah satu-satunya jurusan yang memiliki dua program studi dalam satu Departemen, yaitu Antropologi Ragawi dan Antropologi Budaya,” demikian ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Heti Palestina Yunani, S.Sos., menyatakan bahwa Antropologi telah memberikan filosofi keilmuan yang nantinya dapat membuat para lulusan bisa memberikan pilihan yang luas dan beragam, termasuk dalam semua bidang pekerjaan. Sebagai Ketua KELUARGA (Kekerabatan Alumni Antropologi Universitas Airlangga), Heti mengaku banyak memperoleh manfaat dari sekian pengetahuan yang pernah ia peroleh selama mengikuti studi Antropologi di bangku FISIP Universitas Airlangga. Kini, Heti Palestina berprofesi sebagai jurnalis dan berkiprah sebagai Redaktur dari salah satu berita harian ternama.

Yang menarik, mahasiswa baru angkatan tahun 2011 ini berasal dari pelbagai daerah di beberapa penjuru Nusantara. Mulai dari sudut Kalimantan hingga ada yang datang dari tanah Papua. Diharapkan, melalui proses pendidikan yang mereka jalani, kelak mereka dapat berdiri mengisi garis depan pembangunan masyarakat Indonesia dan kebudayaannya. (tys)

[2011-08-25 ]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s