Review Jumatan 18122009 – sak Syuaroan

Salam Antro..
Pertemuan kali ini tepat pada libur tahun baru islam atau Syuro. kali ini ada 11 alumni yang datang pada jumatan syuroan. Acara ngumpul seperti biasa di depan museum etnografi jam 20.00. Jam 20.00 di museum dan belum ada yang datang, jadi saya teruskan ke lantai 3 fakultas ilmu budaya untuk menyaksikan pementasan teater puska. Roykan (03) yang juga hadir dalam pementasan tersebut.

Teater selesai, kira-kira jam 21.00, di museum sudah ada mbak nina (94), mas willy (95), mas endro (94), thole (96), dan sokran (96).
Pembicaraan yang mengawali pertemuan adalah tentang film 2012 yang diutarakan oleh mbak nina yang mengalami pengalaman dengan bagaimana nantinya kalau memang benar ramalan tersebut. Sekalian saja harus ada orang-orang terpilih yang diselamatkan olehNya, seperti membumi hanguskan dan melenyapkan 1 generasi, sehingga akan ada peradaban yang akan tercipta kembali yang mungkin lebih baik.

Setelah Pembicaraan tentang 2012, diskudi berlanjut ke pemutaran film BALIBO buatan Australia, yang menjadi kontroversi karena dianggap subjektif dan memihak Fretiiln. Ada beberapa fakta yang berbeda dari alur film tersebut dari versi Indonesia sehingga rawan menimbulkan rasa ketidakpuasan dari sejarah yang tidak diluruskan.

Dari BALIBO, arah pembicaraan bergeser ke jenazah Kelly Kwalik, salah satu pimpinan dari OPM yang menjadi korban penembakan dari satuan brimob. Kelly Kwalik diindikasi sebagai otak penyerangan di daerah freeport, ada anggapan bahwa Kelly Kwalik adalah korban dari konspirasi antara TNI dan Polisi dalam pengamanan Organisasi Papua Merdeka.

Jumatan semakin meriah, datang Momo (04), Mas Iyok (99), Ayak (01), Rombeng (00), acara gojlok-gojlokan pun tidak terhindarkan. Pertemuan jumatan kali ini juga sharing akan adanya lowongan kerja yang banyak membutuhkan peran alumni antropologi terutama di bidang penelitian dan CSR dari perusahan dalam negeri maupun perusahaan asing. Menurut mas Endro, sdm kita harus terus ditingkatkan agar bisa bersaing masuk ke lembaga internasional.

Acara berakhir jam 01.00. Semoga jumatan minggu berikutnya semakin banyak yang ikut.
Maaf Kalau reviewnya kurang menarik.
Thanks buat mas endro yang memberikan “surungan weteng” sego HOHA sak ngombene dan mas iyok yang datang pulang kerja membawakan minuman penyegar plus jajan.

*) Diunduh dari facebook antropologi airlangga

One response to “Review Jumatan 18122009 – sak Syuaroan

  1. Donny,
    Sip..sip don..apik kok reviewne memang diperlukan ketelitian&konsentrasi lebih dlm menangkap substansi fokus suatu pembicaraan yg informal seperti “jumatan” ini, namun saya kira bukan suatu hal yg sulit bg org2 antro yg sdh terbiasa utk “melihat & mencatat” suatu fenomena..

    dr dulu aq pengennya spt ini siapa aja bebas&punya hak yg sama utk bikin review atau sgl sesuatu terkait acara jumatan..krn jumatan bukan milik perorangan tp milik komunal..suwun2 yo Don..jo kapok lho yo..hhh..-:P

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s