Social Capital and Institutions

Social Capital and Institutions ini ditinjau dalam konteks perubahan sosial pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM). Konsep  modal  sosial  berasal  dari  James  Coleman  dalam  tulisannya  yang  berjudul  Social  Capital  in  the  Creation  of   Human  Capital yang  diterbitkan  oleh  American  Journal  of  Sociology tahun  1988,  ia  mengartikan  sebagai  aspek‐aspek  dari  struktur  hubungan  antara  individu‐individu  yang  memungkinkan  mereka  menciptakan  nilai‐nilai  baru.  Konsep  itu  kemudian  dielaborasi  oleh  sejumlah  ahli  dalam  kaitannya  dengan  isu‐isu  pembangunan  ekonomi  masyarakat  yang  partisipatif  maupun  politik.  Menurut  para  ahli  modal  sosial  harus  memiliki  3  komponen  inti  yaitu ;

1.  Kemampuan  merajut  institusi  (crafting  institution)

2.  Adanya  partisipasi  yang  setara  dan  adil  (equal  participation),  dan

3.  Adanya  sikap  saling  percaya  (trust)

Guna  mencapai  pembangunan  masyarakat  yang  terjamin  aspek  susutainability‐nya,  maka  Model  Pembangunan  Partisipatif  telah  memfokuskan  diri  pada  jenis  pembangunan  yang  menekankan  pada  konsep  indigenous  knowldge (pengetahuan  lokal)  dan  social  capital (modal  sosial).

Pada  konsep  Model  Pembangunan  Partisipatif  ini,  Program  Nasional  Pemberdayaan  Masyarakat  (PNPM)  dapat  menjadi  contoh  suatu  program  yang  berperan  dalam  menampilkan  proses‐proses  percepatan  dan  pengembangan  keswadayaan  masyarakat  dengan  membangun  3  komponen  inti  dalam  konsep  modal  sosial  tersebut.  Sedangkan  penggalian  indigenous  knowledge oleh  PNPM  ditujukan  agar  program  pembangunan  sesuai  dengan  kondisi  obyektif  masyarakt.  Dalam  mendorong  proses‐proses  tersebut,  PNPM  melakukan  serangkaian  inisiatif  dan  tindakan  yang  disebut  sebagai  instrumen‐instrumen  pengembangan  keswadayaan.  Pada  proses  penyebaran  instrumen‐instrumen  pengembangan  keswadayaan  tersebut,  telah  terjadi  suatu  transformasi  budaya dari  PNPM  kepada  masyarakat  melalui  introduksi  (pengenalan)  sistem  nilai  pembangunan  baru  ke  dalam  kebudayaan  masyarakat. Menurut  Mardimin  (1994:14),  tranformasi  budaya  adalah  proses  perubahan  sosial  budaya  yang  direncanakan  dengan  suatu  tujuan  tertentu.

Menurut  kerangka  berpikir  antropologi  mengenai  pola‐pola  kebudayaan,  proses  menyebarnya  unsur‐unsur  kebudayaan  ke  seluruh  dunia  dinamakan  sebagai  proses  diffusion (difusi)  (Koentjaraningrat,  1990:244).  Kemudian  dengan  adanya  penyebaran  unsur‐unsur  kebudayaan  tersebut,  akan  menyebabkan  suatu  jenis  perubahan  di  dalam  masyarakat  yang  dikenainya.  Ada  dua  aspek  difusi  menurut  Koentjaraningrat  (1990:227‐260)  menyangkut  jenis  perubahan  yang  di  hasilkan  pada  masyarakat,  yaitu  acculturation (akulturasi)  dan  asimilasi.

Asimilasi  adalah  proses  sosial  yang  timbul  bila  ada:  (1)  golongan‐golongan  manusia  dengan  latar  belakang  kebudyaan  yang berbeda‐beda,  (2)  saling  bergaul  langsung  secara  intensif  untuk  waktu  yang  lama,  sehingga  (3)  kebudayaan‐kebudayaan  golongan‐golongan  tadi  masing‐masing  berubah  sifatnya  yang  khas,  dan  juga  unsur‐unsurnya  masing‐masing  berubah  wujudnya  menjadi  unsur‐unsur  kebudayaan  campuran.  Biasanya  golongan‐golongan  yang  tersangkut  dalam  proses  asimilasi  adalah  suatu  golongan  mayoritas  dan  beberapa  golongan  minoritas  (Koentjaraningrat,1990:255).

Masuknya  sistem  nilai  pembangunan  baru  yang  dibawa  PNPM  ke  dalam  kebudayaan  suatu  masyarakat,  prosesnya  melalui  apa  yang  dinamakan  sebagai  akulturasi  kebudayaan.  Menurut  Koentjaraningrat  (1990:248),  akulturasi  kebudayaan  didefinisikan  sebagai  suatu  proses  sosial  yang  timbul  apabila  suatu  kelompok  manusia  dengan  suatu  kebudaaan  tertentu  dihadapkan  dengan  unsur‐unsur  dari  kebudayaan  asing  dengan  sedemikian  rupa,  sehingga  unsur‐unsur  kebudayaan  asing  itu  lambat  laun  diterima  dan  diolah  ke  dalam  kebudayaan  sendiri  tanpa  menyebabkan  hilangnya  kepribadian  ebudayaan  itu  sendiri.  Penyebaran  unsur‐unsur  kebudayaan  ini,  dapat  dibawa  oleh  individu‐individu  atau  kelompok‐kelompok  manusia  yang  berperan  sebagai  agent  of  change yang  kemudian  melakukan  kontak  langsung  dengan  suatu  kelompok  masyarakatyang  memiliki  kebudayaan  yang  berbeda.

PNPM  dalam  hal  ini  dapat  dikatakan  berperan  sebagai  agent  of  change dari  Model  Pembangunan  Partisipatif  pada  proses  akulturasi  udaya  dalam  masyarakat.  Dalam  prakteknya,  lembaga  tersebut  berupaya  memasukkan  nilai‐nilai  pembangunan  dengan  paradigma  baru  ke  dalam  sistem  budaya  masyarakat  tanpa  menghilangkan  identitas  yang  telah  dimiliki  ole  masyarakat  lokal.

Terintegrasinya  nilai‐nilai  pembangunan  baru  dalam  kebudayaan  masyarakat  akan  mempengaruhi  pranata  pembangunan  yang  ada  dalam  masyarakat  dan  kemudianjuga  akan  mempengaruhi  tindakan‐tindakan  mereka  dalam  lembaga  pembangunannya.

Apabila  mengikuti  teori  perubahan  sosial  budaya  dari  Suparlan  (1985),  maka  nilai‐nilai  baru  tersebut  akan  melewati  beberapa  tahapan  sebelum  nilai‐nilai  tersebut  pada  akhirnya  terintegrasi  ke  dalam  sistem  kebudayaan  masyarakat.  Tahapan‐tahapan  tersebut  yaitu:

1. Tahap  inovasi,  suatu  tahap  di  mana  para  inovator  membuat  ciptaan‐ciptaan  baru  (biasanya  tahap  penciptaan  unsur‐unsur  baru  tersebut  terjadi  setelah  atau  bersamaan  waktunya  dengan  terjadinya  difusi/akulturasi)  dan  mengkomunikasikannya  kepada  para  warga  masyarakat  tersebut.

2. Tahap  pengintegrasian  inovasi,  dengan  unsur‐unsur  atau  bagian‐bagian  lainnya  dari  kebudayaan  tersebut.  Suatu  perubahan  kebudayaan  biasanya  menghasilkan  suatu  keadaan  yang  tidak  seimbang  dalam  kebudayaan  tersebut.  Para  pendukung  kebudayaan  bersangkutan  kemudian  melakukan  koreksi  dengan  cara  memodifikasi  pola‐pola  tradisional  atau  pola‐pola  yang  baru  diterima  atau  memodifikasi  kedua‐duanya.  Pengintegrasian  kembali  sebuah  kebudayaan  dapat  dicapai  dengan  melalui  tahap‐tahap: pengintegrasian  kembali,  penyeleksian  dan  penjabaran  unsur‐unsur  kebudayaan  tersebut.

3. Tahap  terminal  (berhenti  sementara),  dari  keseluruhan  hasil  akhir  perubahan  yang  terjadi  kemudian  akan  mencapai  tahap  equilibrium (keseimbangan)  dalam  masyarakat.  Pada  keadaan  ini,  konsistensi  dalam  kebudayaaan  terwujud  yang  menimbulkan  perasaan  sejahtera,  aman  serta  menyenangkan,  perasaan  berkedudukan  atau  berkepribadian  tinggi  dan  mempunyai  rasa  keyakinan  diri  yang  besar  pada  warga  masyarakat  yang  bersagkutan  sebelum  kemudian  akan  terjadi  perubahan  kembali.

Pada  proses  pengintegrasian  nilai‐nilai  baru  tersebut,  akan  terbentuk  suatu  pranata  dalam  masyarakat  yang  berfungsi  sebagai  tempat  yang  menampung  dari  sistem  nilai  baru  tersebut.  Pranata  itu  kemudian  akan  mengolah  sistem  nilai  baru  dengan  sistem  nilai  yang  sudah  ada  sehingga  kemudian  tercipta  suatu  stuktr  dan  pola‐pola  hubungan  sosial  masyarakat  yang  baru.  Penggunaan  pranata  oleh  para  pendukungnya  dalam  aktivitas  kehidupan  sehari‐hari  diwujudkan  melalui  suatu  Institute (lembaga) dalam  masyarakat.  Lembaga adalah  suatu  badan  atau  organisasi  yang  melaksanakan  aktivitas  berdasarkan  pranata  (Koentjaraningrat,1990:165).

Namun  demikian,  seperti  telah  disebutkan  di  atas  bahwa  kehidupan  sosial  budaya  masyrakat  senantiasa  akan  terus‐menerus  mengalami  perubahan.  Model  Pembangunan  Partisipatif  yang  diintroduksikan  oleh  PNPM  kepada  masyarakat  ditujukan  untuk  mendorong  dan  mendampingi  merea  agar  memiliki  kemampuan  dalam  menghadapi  terjadinya  perubahan  sosial  budaya  yang  terus‐menerus  tersebut.  Ketika  para  warga  masyarakat  telah  berhasil  menciptakan  suatu  sistem  kebudayaan  (dalam  hal  ini  pranata  pembangunan)  mereka  sendiri  yang  dapat  digunakan  dalam  menghadapi  segala  perubahan  yang  ada,  maka  pada  tahap  tersebut  masyarakat  dapat  diartikan  telah  mencapai  keswadayaannya.

Penilaian  bahwa  tahap  keswadayaan  masyarakat  dalam  pembangunan  akan  dicapai  apabila  masyarakat  telah  mampu  menyebarkan  serangkaan  instrumen‐instrumen  pengembangan  masyarakat  –yang  pada  awalnya  dilakukan  oleh  PNPM‐ tanpa  melalui  bantuan  atau  pendampingan  dari  mereka.  Masyarakat  yang  telah  mencapai  tahap  demikian,  oleh  Verhagen  (1996,  34‐35)  dikatagorikan  sebagai  Kelompok  Swadaya  Masyarakat  (KSM).  Setelah  masyarakat  membentuk  KSM‐KSM,  maka  PNPM  akan  menarik  dirinya  dari  tugas  utamanya  sebagai  lembaga  pengembangan  keswadayaan  masyarakat.

* Ditulis oleh Endro Probo, alumnus antropologi unair 1994 (Artikel/Jurnal dalam Social Capital)

One response to “Social Capital and Institutions

  1. ap it crafting institution?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s