Jumatan; Apa Perlunya Acara ini Diadakan ?

Acara nyangkruk bareng “Jumatan” kmrn akhrnya bs terselenggara dg lancar tanpa adanya kendala cuaca sebagaimana yg terjd pd jumat minggu kemarin. Jumatan kali ini dihadiri oleh alumni dr berbagai angktn dan seorng mahasiswa antro yg senior(nama2 terlampir). Dan bertempat di halaman musium etnografi(dulu gedung Kopma)

Acara diawali dgn makan nasi bungkus bersama di teras musium tsb (mohon maaf kpd m myrta jd ninggalin bnyk sampah nih..hehe..) pada pukul 20.00 waktu antro unair. Selanjutnya acara dibuka oleh menk96 dgn meminta pendapat&harapan dr yg hadir atas keberadaan media “jumatan” ini. Participants yg hadir tidak dianggap mewakili siapapun, semuanya berperan sama.

Berbagai pendapat & harapan yg muncul dari teman2 mengerucut pada pokok bahasan : apa perlunya acr jumatan ini diadakan, bagaimana efektifnya format acr ini dilaksanakan, siapa saja yg membutuhkan & dibutuhkan dlm mengakses acr jumatan, tantangan2 apa aja yg akan dihadapi jika jumatan ini trs berjalan dan kondisi riil bagaimana yang tengah dihadapi oleh mhs antro unair & alumni baru, jg sempet terbahas dlm acr tsb.

Karena ini pertemuan pertama, diskusi berjalan dg informal & mengalir begitu saja tanpa ada moderator & notulensi, hingga semua berperan sama, sbg moderator jg sbg notulensi, tergantung daya ingat masing2 peserta ( buat kerabat yg ikut hadir tlg dikoreksi&ditambahin klo ada yg salah ato kurang infonya, krn mgkn saya punya keterbatasan daya ingat..hehe..).

Point2 kesepakatannya adalah:
1. Acara jumatan diselenggarakan scr rutin setiap hari jumat mg pertama tiap bulan, dg maksud biar tdk terjadi kebosanan.
2. Siapapun yg masuk dalam lembaga departemen antro unair(alumni, dosen, mahasiswa ) dpt hadir&berpartisipasi dlm acr tsb.
3. Agar acr tdk monoton, materi acara akan dilaksanakan scr bervariasi ada kalanya berisikan diskusi ilmiah dg berbagai narasumber trgntung tema diskusi, ada kalanya jg acr hanya sekedar nyangkruk2 ato makan2 aja, ato mgkn sambil main musik ato kesenian yg lain.
4.Pertemuan berikutnya akan dilaksanakan pd awal bln maret sekaligus smcm welcome party awal perkuliahan semester genap, diharapkan mahasiswa antro yg aktif bs hadir, juga pengurus inti hima antro.
5. Kerabat yg hadir berkewajiban secara moral utk ikut mensosialisasikan acr jumatan ini kpd teman2nya yg lain.
6. Info2 terkait acara jumatan ini akan di release di berbagai media komunikasi milik antro(website, milist, komunitas facebook antro, galery dan papan info department).
7. Lokasi & tempat acara disesuaikan dg jumlah participant yg hadir, m tok siap memfasilitasi tempat di lingkungan antrounair jika dibutuhkn.
8. Terkait dg konsumsi, dilakukan scr “teplekan” saat acr.

Demikian sekilas info “jumatan” yg dpt saya sampaikan, hal2 lain yg mgkn saya kelewatan atopun kurang dlm menyampaikannya bs disusulkan kemudian..diharapkan pula kehadiran dr kerabat yg lain utk hadir dlm setiap acr Jumatan tsb. Mohon masukan & komentar dr kerabat yg lain atas keberadaan media jumatan ini …plz feel be free to discuss it

Kerabat yg hadir “Jumatan” , 6 February 09:
1. Wahyu krisnanto86
2. Mbak Tok86
3. Edwin92
4.endro94
5.willy 95
6.komenk96
7.thole96
8.sokran96
9.bello96
10.heru98
11.bayu98
12.coco99
13.atenk99
14.boni99
15.bowo00
16.deni00
17.maria00
18.nuning00
19.rombenk00
20.aji01
21.putu02
22.lucy02
23.bertus03

* diunduh dari facebook antro unair

6 responses to “Jumatan; Apa Perlunya Acara ini Diadakan ?

  1. wah sorry aku gak bisa dateng ya..padahal sudah rencana karena ada acara lain mendadak jd gak bs hadir.by the way aku sangat mendukung acara ini
    sukses untuk semua

    salam
    ayik

  2. Salam, kerabat!
    salut, to bwat kawan-2 kerabat, edwin, endro, dll dan pada acara jum’atannya…………..! wah, kapan-kapan bisa nimbrung! apapun acaranya yang penting ada media komunikasi bwat tukar kaweruh, pasti bagus, gak usah dibwat formal, ngalir aja………”bukankah ide-ide besar tidak pernah datang dari acara-acara resmi”
    sekalilagi salut!!!

  3. numpang tanya nich.. tadi disebutkan di point 2 “siapapun yang masuk dalam lembaga departement antro unair (alumni, dosen, mahasiswa) dapat hadir dan berpartisipasi dalam acara tersebut”. nah kalau saya gimana?? saya khan DO, alumni bukan, mahasiswa juga bukan, apalagi dosen, bukan banget.. gak masuk kategori yang “dapat hadir dan berpartisipasi dalam acara tersebut” doooonggg.. ??????

  4. Buat wiyar&ayik,
    Thanks atas supportnya, kami menunggu kehadiran, pemikiran&pengalaman2 kalian dlm acr jumatan ke depannya..

    Buat gusti,
    Piye kbre?nang endi saiki?..kami jg nunggu kehadiranmu krn scr umum acara jumatan ini terbuka utk siapapun bagi mrk yg berbau antro scr formal maupun informal..apalagi awakmu khan dl jg prnh berkiprah di himaprodi..pemikiranmu jg msh sgt dibutuhkan Gus..teka ae..ta enteni..jg buat kerabat lain kami tunggu kehadiran&sumbangan pemikiraanya..

  5. Dulurs,

    Sebagaimana hasil kesepakatan acara “Jumatan” pada tanggal 30 Januari 2009 lalu, bahwa acara “Jumatan” kali ini akan diselenggarakaN pada:
    HARI : JUMAT, 6 MARET 2009. PUKUL 20.00 WAKTU ANTRO UNAIR.

    TEMPAT: TERAS DEPAN MUSIUM ETNOGRAFI ANTRO UNAIR [DULU GDG KOPMA].

    Diharapkan kehadiran kerabat semua apabila memiliki waktu luang…Terima Kasih…

  6. Dulurs,

    Berkaitan dengan rencana acara “Jumatan” bulan Maret, yang sedianya akan diselenggarakan pada tanggal 6 Maret 2009, atas masukan dari beberapa kerabat yang lain diganti pada hari Jumat, tanggal 13 Maret 2009. waktu dan tempat acara tetap seperti semula.

    Penggantian jadwal tersebut diatas lebih dikarenakan ingin menyesuaikan jadwal perkuliahan mahasiswa Antro, yang pada tanggal tersebut dimulainya masa perkuliahan mahasiswa setelah libur semester.

    Harapannya, mahasiswa antro bisa ikut terlibat lebih banyak lagi dalam acara “Jumatan”. Sehingga salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam acara tersebut bisa terpenuhi, yaitu membangun hubungan antara mahasiswa, dosen dan alumni di lingkungan Antropologi Unair.

    Demikian “sedikit” revisi pemberitahuan yang dapat kami sampaikan, mohon maaf atas ketidaknyamanan ini…Sekali lagi, diharapkan kehadiran kerabat semua yang memiliki waktu luang pada tanggal 13 Maret 2009 bisa hadir dalam acara tersebut…Terima Kasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s