Melacak Akar Konflik Antar Perguruan Silat di Karisidenan Madiun

Kasus perkelahian antar perguruan silat yang dimotori oleh Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dan Setia Hati Winongo atau disebut STK (Sedulur Tunggal Kecer) di Karesidenan Madiun akhir-akhir ini sangat marak dan melibatkan masa pendukung secara massif dan di sertai dengan pengerusakan serta jatuhnya korban jiwa.

Konflik yang berpangkal dari perbedaan penafsiran dan klaim kebenaran tentang ideoligi keSHan merambat hampir seluruh Karisedenan Madiun. Hadirnya konflik tersebut juga menimbulkan keresahan dan ketidaknyaman berbagai lapisan masyarakat. Arkeologi Kekerasan SH Terate VS SH Winongo Perkelahian secara turun temurun antar SH Terate dan SH Winongo tidak lepas dari setting sejarah yang melatarbelakangi.

Kedua perguruan tersebut awalnya merupakan satu perguruan yaitu Setia Hati (diawali berdirinya Sedulur Tunggal Kecer) yang berdiri di kampung Tambak Gringsing Surabaya, oleh Ki Ngabei Soero Diwiryo dari Madiun pada tahun 1903. Pada tahun tersebut Ki Ngabei belum menamakan perguruannya dengan nama Setia Hati, namun masih bernama “Joyo Gendilo Cipto Mulyo” dengan hanya memiliki 8 orang siswa. Didahului oleh 2 orang saudara, yaitu Noto/Gunadi (adik kandung KI Ngabei sendiri) dan kenevel Belanda. Organisasi silat tersebut mendapat hati di kalangan masyarakat sekitar tahun 1917,  yang mana Joyo Gendilo Cipto Mulyo mealkukan demonstarsi silat secara terbuka di alun–alun Madiun dan menjadikannya sebgai perguruan yang popular di kalangan masyarakat karena gerakan yang unik penuh seni dan bertenaga.

Pada tahun 1917 Joyo Gendilo Cipto Mulyo bergati nama dengan Setia Hati. Pendiri perguruan tersebut meninggal pada tanggal 10 November 1944 dalam usia 75 tahun, dengan meninggalkan wasiat supaya rumah dan pekarangannya diwakafkan kepada Setia Hati dan selama bu Ngabei Soero Diwiryo masih hidup tetap menetap di rumah tersebut dengan menikmati pensiun dari perguruan tersebut.

Ki Ngabei dimakamkan di Desa Winongo Madiun dengan batu nisan garnit dengan dikelilingi bunga melati. Dan oleh berbagai kalangan makam Ki Ngabei dijadikan pusat dari perguruan Setia Hati. Dan pada Tahun 1922 Murid Ki Ngabei Soero Diwiryo mendirikan Setia Hati Teratai sebagai respon untuk mengembangkan Pencak silat dengan ideologi ke SH an.

Pertentangan ideologi memulai memuncak ketika pendiri SH meninggal yang mana konflik tersebut di motori oleh dua murid kesayangan Ki Ngabei Soero Diwiryo yang mengakibatkan pecahnya SH dan terbagi dalam 2 wilayah teritorial yaitu SH Winongo yang tetap berpusat di Desa Winongo dan SH Terate di Desa Pilangbangau Madiun.

Konflik kedua murid merambat sampai akar rumput sampai sekarang yang di penuhi rasa kebencian satu sama lain. Belum lagi konflik di perparah kepentingan politik dan perebutan basis ekonomi. Basis pendukung antar kedua perguruan di bedakan oleh perbedaan kelas juga. SH Winongo berkembang dalam alan perkotaan dan basis pendukungnya adalah para bangsawan atau priyayi sedangkan SH Teratai berkembang di wilayah pedesaan dan pinggiran kota. Perpecahan kedua perguruan tadi juga terletak dalam strategi pengembangan ideologi yang satu bersifat ekslusif sedangkan Hardjo Utomo ingin membangun SH yang lebih bisa diterima masyarakat bawah guna melestarikan perguruan.

Melihat dari latar belakang tersebut, konflik yang tejadi adalah konflik identitas yang mana kedua perguruan tersebut saling mengklaim kebenaran pembawa nilai ideoligi SH yang orisinil dan menganggap dirinya yang paling baik dan benar. Klaim kebenaran terus menerus di reproduksi sehingga membentuk praktek–praktek diskursif yang saling meyalahkan satu sama lain.

Konflik yang digerakkan oleh klaim kebenaran pemegang otoritas tunggal ideologi ke SH an juga di dukung olehkultur agraris masyarakat setempat yang dalam kehidupan sehari-hari tidak mempunyai kegiatan selain bertani untuk memenuhi kebutuhan sehari –hari. Tumbuh suburnya perguruan silat di karesidenan Madiun juga di topang oleh idelogi pencak silat yang di olah kebatinan kejawen yang sangat familiar dalam kehidupan sehari–hari.

Implikasinya, kelompok silat menjadi suatu yang itegral dalam kehidupan masyarakat dan masyarakat juga ikut melestarikan konflik di sebabkan tingkat partisipasinya dalam kelompok silat sangat tinggi. Hadirnya kelompok silat dalam masyrakat agraris adalah sebuah media sosial untuk melepaskan rutinitas sehari–hari dan sebagai pelepas tekanan kemiskinan yang sering di derita masyarakat petani.

Partisipasi masyarakat yang tinggi dalam kelompok silat dan di barengi sentimen ideologis yang kuat dan cenderung emosional dalam bertindak seringkali dimanfaatkan oleh kelompok kepentingan yaitu oleh para politisi lokal untuk mendukung parpol yang dipimpimnya. Fenomena tersebut bisa dilihat oleh Mantan Bupati Ponorogo Markum, yang pada tahun 1998 lalu bergabung menjadi anggota kehormatan SH Terate. Kelompok silat yang jumlahnya ribuan sangat potensial untuk mendukung kepentingan parpol tertentu.

Hadirnya nuansa politisasi dalam sebuah organisasi silat yang menambah rantai konflik semakin panjang dan sangat sulit untuk diselesaikan. Pertarungan eksistensi antara SH Winongo dan SH Terate juga ber imbas pada perekutan anggota sebanyak–banyaknya. Dalam memperebutkan anggota juga sebagai perebutan basis ekonomi. Hasil Penelitian yang di lakukan oleh E. Probo dia mengambil contoh SH Terate (2002 :6 makalah diskusi), untuk satu kali pelantikan setiap bulan Sura [bulan pertama dalam kalender Jawa], Terate melakukan pelantikan sejumlah 1000-2000 anggota baru.

Jika satu anggota membayar Rp. 700 ribu rupiah, maka uang yang akan masuk ke organisasi dalam satu tahun adalah Rp 700 juta hingga Rp. 1,4 milyar rupiah !!! Jumlah yang fantastis. Ini menarik sekali, sebuah organisasi silat dengan jumlah anggota 35.000 orang dan pemasukan Rp. 700 juta hingga Rp. 1,4 milyar rupiah per tahun. Maka bila salah satu perguruan silat menguasai satu daerah maka dengan sekuat tenaga akan mempertahankan, karena di situlah eksitensi sebuah perguruan silat dipertaruhkan. Selain itu mereka juga tidak mau kehilangan basis ekonominya.

Penutup

Konflik Identitas antara SH Winongo dan SH Teratai yang dimulai dengan klaim kebenaran tentang pemegang teguh ajaran ke SH an sekarang mulai merebak pada perebutan basis ekonomi serta di manfaatkanya kelompok silat sebagai penyokong parpol tertentu. Di lain sisi, masyrakat pun ikut melestarikan adanya konflik tersebut.

Untuk menghindari adanya konflik ideologis yang berkepanjanngan, perlu di lakukan tindakan yang tegas oleh aparat kepolisian. Pemerintah daerah setempat juga harus menciptakan media sosial yang lain yang dapat membuat masyarakat keluar dari rutinitas sehari-hari dan terlepas dari berbagai tekanan sosial ekonomi yang selalu menghantui. Selain itu, pemerintah daerah juga harus mempunyai program pembangunan yang berorentasi pada kesejahteraan rakyat.karena kita ketahui hadirnya konflik tersebut tidak lepas dari budaya kemiskinan masyarakat setempat.

* Ditulis oleh kerabat Nashirul Umam, ketika masih menjadi mahasiswa Fisip Unair dan aktivis CESPOD (Centre for Ekonomic, Social and Policy Development)

About these ads

269 responses to “Melacak Akar Konflik Antar Perguruan Silat di Karisidenan Madiun

  1. saya anggota PSHT dari cepu, saya ingin sekali mendengar anggota PSHT dan Setia Hati Winongo bersatu……karena bagai manapun juga kita bersaudara tinggal kecer.mau merebut apa toh….
    jangan ndenger penghasut dari luar, sadarlah persetruan kita itu hanya akan mbuat mereka senang…..
    jangan lah mudah di hasut, saudara ku.
    janji kita sebelum di nobatkan bahwa kita akan menjaga nama baik perguruan kita, mengapa kita bersetru dengan saudara kita sekecer….?????????
    add fs aku di ” lopetgril@yahoo.co.id ” aku tunggu ……

    • LAH iya seandainya bersatu kan ea lbih Bagus..

    • salam EKS..
      saya juga sama halnya anda, yang menginginkan kedamaian dan persahabatan. pencak silat adalah harta budaya jawa yang perlu di jaga,bukan untuk merusak nama budaya itu sendiri..
      tapi saya tak yakin.. kalau kedua pesilat ini bisa akur dan hidup bersama berdampingan. permusuhan mereka sudah mendarah daging.. dan sudah mengakar.. dan saya juga bingung harus menguki fiksi alur cerita siapa.. karna di antaranya mempunyai kemiripan..
      memimpikan mereka akur sama halnya memimpikan bulan muncul di siang terik..
      tapi semoga mimpi yang mustahil ini bisa terwujud.. amin..
      salam saudaraku semua.. EKS

    • sebetulnya kalau tidak di komersilkan tdk akan terjadi sprti skrg.dl jaman Mas Imam n pak Badini jg baek2 aja.skrg jaman Mas Madji jd kyk gini, bahkan Mas Herding atlit tua PSHT di sapih smpai skrg,pripun niki mas madji?

  2. aslkm,……
    terimakasih atas artikel ini dengan degini saya dapat penjelasan dan membuat kita tidak saling menghasut…

    ohya minta izin untuk saya posting di blog saya…

    terimakasih…

    salam

  3. knapa mst musuhan klu 1 guru?seharusnya kita bersatu ,klu kt bersatu kita pst akan tmbh jaya di dunia persilatan…..bener kataaprilia tuh

  4. saya anggota STK saya berharap semua SH dpt brsatu kmbali

    janganlah mudah marh gara2 tman kita bda SH dngn kita

    sbenarnya SH tu satu (sedulur tunggal kecer) sedulur saget mbantu dulur2 sing ono masalah

    STK dan PSHT jaya……………………

  5. saya sebagai warga dari PSHT gajah mada,berharap kepada seluruh saudara-saudaraku ,

    buat apa kita saling menganggu,bukan kah kata orang jawa :TUNGGAL GURU ORA OLEH NGANGU LAN PADU

    maka dari itu kita harus bersatu

    SELAMA MATAHARI TERBIT DAR I TIMUR DAN TENGGELAM DI SEBELAH BARAT

    KI NGABEHI SURYO DWIRJDO TETAP

    TETAP GURU DAN EYANG SHT DAN STK

    FS aku bocahmadiun@yahoo.com

  6. salam kegem sedoyo sedulur q, cucu Eyang Ngabei Soero Diwiryo wonten pundi kemawon. mumpung meh lebaran mogo dipon toto manahe, saling introspeksi, bilih padudon boton wonten saene. Eyang Ngabei belajari bilih Ngelmu kedang diginaken kangge kesaenan. sanes kagem damel kaonaran utowo menang-menangan. monggo sami rukun njeh..
    cah Sragen_99

  7. hehehe..sepurane email q keri, salam kenal sakeng kulo njeh.. menawi wonten wedal dolan-dolan lewat email kulo ……

    adiraso@yahoo.com

  8. Saya adalah anggota dari STK, Salam Buat Saudara2q STK marilah kita tingkatkan persatuan dan kesatuan dalam organisasi STK maupun dengan SHT, kita adalah sama2 murid dari KiNgabei Suro Diwiryo, seharusnya kita tidak bermusuhan n justru kita saling merekatkan tali persaudaraan kita. buat apa kita bermusuhan cz skarang dah gak jamannya lagi.

  9. Saya adalah warga PSHT sekarang tinggal di perancis…saya pun berharap demikian semoga SH TERATE dan STK bisa bercermin kembali pada akarnya…..toh kita semua sedulur ….semoga ajaran SH tetap Jaya

  10. Saya adalah anggota STK,saya rasa semua orang juga pengen bersatu pasti lebih jaya,biasanya juga saya lihat yang suka ribut di madiun itu cuma orang2 yang rata2 SDM rendah,jadi sangat gampang di hasut dan terpancing emosiya.ya klo smua masih inget ama yang kuasa sih gak ada yang sok jadi jagoan kaya gitu,kita semua sama kok…….semoga semua tetap dalam lindungan yang maha kuasa AMIIIIIEN

  11. Buat saya semua yang mengakui eyang suro sebagai punjer adalah saudara. Yang berbeda adalah disiplin ilmunya.
    Seperti halnya satu universitas tapi beda fakultas. Tentu ada hal-hal yang sama yang bisa menyatukan kita semua.
    Tujuan kita menjadi saudara SH adalah slamet. Nah kalau semua saudara memegang prinsip ini, tak perlu lagi ada eker-ekeran, tak perlu ada tawuran, tak perlu ada wah-wah an.
    Mudah2an dengan prinsip ini kita semua bisa bersatu. Karena kita semua bersaudara.

  12. saya adalah anggota stk dari wng,saya berharap psht&pshw selalu bersatu &jaya

  13. assalamualaiku, wr, wb.
    bagi saya, makna SILAT adalah SILATURAHMI. Saya kenal dengan Mas Budi dari MAdiun. Beliau pendekar SH Winongo dan PNS di lingkup Diknas. Belakangan saya kehilangan kontak dg MAs BUdi. Ada yang bisa membantu? Salam dari javasilat.com alias Perguruan Buang Macan – Pati Jateng

  14. Assalamualaikum, wr, wb.
    Kulo inggeh warga saking STK monggo kito sareng2 mbangun kutho kito Medhioen, dados kutho ingkang aman, tentrem, ayem….lawong podo gurune nyapo podo geger.

  15. SHT( setia hati teratai ) & SH winongo ( STK )tergantung sing ngarteke : sedulur tungal kecer, satria tak terkalahkan. lan liyo-liyone.
    sakjane bela diri SHT & SH winongo podo sumbere soko ngabei Soero diwiryo.
    mung bocah-bocah saiki ngarteke persaudaran sing kudu dijelaske gamblang.ojo mung ngerti cover letter tok

  16. kebetulan saya sedang meneliti konflik ini.terus terang melihat apa yang terjadi tiap taun, sangat ngeri sekali…..ingin rasanya ikut berpartisipasi mendamaikan kedua kubu, mungkin dengan teori2 yang saya pelajari, negoisasi yang kontinyu sedikit banyak bisa membantu……..semoga PSHT dan PSH winongo bisa bersatu…..

  17. aq arek terate,aq paling g sneng kl mslh d slsaihkn dg ke2rsn. cz,aq cnta dmai.

  18. saya juga anggota PSHT dari sragen
    harapan saya semoga PSHT dan STK bersatu dan menjadikan SETIA HATI memiliki nama di mata Negeri Tercinta Indonesia bahkan INTERNASIONAL
    SEMOGA…..
    add ym saya sardiwiyono@yahoo.co.id

  19. salam SH coy,semoga rukun2 wae……….

  20. EKS……dlur ngpo sih twurn,jdikn AE cint dmai po’o!
    Jdikn AE kota GADIS is okey!!

  21. SLM BUAT SEMUA NAK SH WINONGO DI MN PUN ANDA BRD.?
    KLU SARAN AQ SEH CM SATU KOK.
    BLH AJA KITA MEMBANGUN TALI PERSAUDARA’AN
    TAPI APKH KITA RELA KLU DLU” SEDULUR KITA STK SAMPAI ADA YG MATI GRA” PSHT?
    TAPI NI YA KENYATA’AN TERATE GATEL

    YG MAU LIAT FS AQ.
    JKAJOE@YAHOO.CO.ID

  22. lo di sini rupanya forum SH WINONGO…. Baru tahu saya, salam kenal dariku Buat anak” SH Winongo yang di Depok {POLDA METRO JAYA} jika boleh kita kenalan SALAM “TOTO TATAG TUTUG SLAMET”

  23. o iya lupa coi salam buat amak ” STK madiun selatan. jamgan sungkan sungkan emailan sama aku coi….

  24. Stk kwi sisa tentara komunis too..

    • terate turunan asu.terate sh kafir.penghianat.

      • Bentrokan antara SH Trate dan SH Nongo terjadi sejak dulu kala dan entah kapan maslah sepele ini akan berakhir. Masing2 juga susah di damaikan bahkan perdamaian yg pernah terjadi tdk tahan lama situasi berubah menjadi tawuran lagi. Pada ahirnya aparat kepolisian sering di bikin pusing dgn ulah para Pendekar ini.

        Setidaknya ada dua hal mendasar penyebab permusuhan yg hampir abadi antara Trate dan Nongo. PERTAMA ada Arogansi kelompok yg amat tebal. Baik nongo maupun trate memiliki karakter yg Arogan merasa benar sendiri. Nampak sekali sikap ini tercermin dalam tindakan dilapangan maupun dalam sebagian tulisan di blok ini. Sering terlontar bahwa masing2 kelompok perguruan baik sh trate maupun nongo merasa bahwa dialah ataukelomponyalah pembawa SH yang asli. Trus menganggap yg lain palsu atau SH jadi-jadian. Semangat arogansi ini sering dilestarikan dikembangkan untuk menunjukkan eksisitensinya bahwa dia lebih baik dari yang lain. Tidak disadari bahwa sikap ini akan memicu kelompok yg lain untuk berbuat hal yang sama. Celakanya kadang2 yg mengatakan ini mengaku sebagai tokoh SH. Padahal tidak lebih dari seorang Provokator Murahan.

        Yang KEDUA Pandangan yg berbeda. KI Ngabehi Surodiwiryo adalah pendiri SH yang diakui oleh Trate maupun Nongo. Tapi dalam perjalanan waktu ada sedikit perbedaan pandangan antara guru dgn murid. Ki Ngabehi Surodiwiryo sebagai guru berpandaganan bahwa SH adalah wadah perkumpulan yg tidak membedakan sara, Dan bukan sebagai wadah perjuangan untuk mencapai kemerdekaan. Pandangan inilah yg secara turun temurun diakui kebenarannya oleh SH Winongo. Dan SH nongo memilki basis di desa Winongo sampai hari ini.

        Ki Surodiwiryo punya murid yang menonjol namanya Ki Harjo Utomo memilki pandangan yg berbeda tentang SH ini. Kiharjo Utomo berpandangan bahwa paradigma berfikir SH hanya sebagai wadah perkumpulan tidak membedakan sara sdh waktunya diperluas bahkan diubah menjadi “bahwa SH adalah sebagai tempat perjuangan untuk mencapai kemerdekaan. Pemikiran ini didasari bahwa situasi bangsa Indonesia saat itu dalam cengkeraman penjajah belanda. Dan bangkit rasa nasionalisme Ki Harjo Utomo untuk melawan penjajah belanda. SH dijadikan tempat pengkaderan melawanpenjajah belanda. Karena ide ini tidak disetujui gurunya yakni Ki Ngabehi Surodiwiryo, maka KI Harjo minta ijin mendirikan SH Terate yang berpusat di Pilang Bangau
        Madiun.

        Disinilah awal perbedaan yg dibesar besarkan oleh generasi pengikut di belakangnya baik Trate maupun Nongo dan sekarang menjadi biang masalah. Nongo mengatakan ini sebuah penghianatan antara
        guru dengan murid. Atau dengan kata lain SH Trate menghiananti SH Winongo. Tuduhan itu dirasakan oleh SH trate sebagai penghinaan
        yang sangat sulit dilupakan. Eyang Harjo Utomo sebagai putra bangsa yg ingin mengadakan perkumpulan perjuangan untuk melawan penjajah belanda pantas dikatakan berkhianat? Apakah wajar dikatakan penghianat kapada seorang putra bangsa yg ingin mendambakan kemerdekaan bangsanya? Bukankah kalimat penghianat itu lebih pas ditujukan pada orang yg menghambat perjuangan?. Berangkat dari alasan ini sebagian orang juga memberi tuduhan bahwa yg berkhianat kepada Bangsa Indonesia adalah SH
        winongo karena tidak setuju bahwa SH sebagai wadah perjuangan untuk mencapai kemerdekaan. Jadi kalo cerita ini diteruskan dua duanya juga dituduh penghianat. Tinggal nilai penghianatnya besar mana. Besar berhianat dgn guru hanya karna beda pendapat ataukah besar berhianat pada negara? kalo benang kusut ini ditarik terus tentu tidak pernah ada penyelesaian yg baik.

        Sebagai orang diluar SH dengan tulus sy mengajak pada semua dulur
        SH baikTrate maupun Nongo Hilangkan tuduhan Pengfhianat itu, Kemudian jgan ada sikap arogansi mengkalim bahwa kelompok sy adalah SH asli yg lain palsu semua atau sh jadi jadian karena itu tidak pernah menyelesaikan masalah. Hidup rukun damai dan saling pengertian adalah dambaan kita semua. semoga

        Saya setuju

      • Muhammad Hidayat

        jaga bacot bung,,,

  25. alhamdulillah yang Penting adalah bagaimana saudara saudara SH dapat tetap BERSATU HATI dalam menghadapi kehidupan ini.

  26. q anak madiun jg,q berharap PSHT n SH WINONGO g ad persetruan lg……….qt tunjukan madiun damai.slm bwt anak2 madiun n PSHT N STK tambah JAYA…………..

  27. wong winongo ojo sok jago,wong terate ojo sok pinter.awak dewe podo.

  28. saya anak STK dagangan madiun.salam EKS.saudara2Q SH WINONGO,mari bersatu menjaga persatuan dan kesatuan dan tegakkan AMAR MAKRUF NAHI MUNGKAR.

  29. yahh….bad news bagi dunia persilatan khususnya dimadiun sendiri,aq STK tpi punya temen karib ank TERATE..toh kita bisa rukun,akrab,saling membantu,bahkan sudah seperti saudara!!…menurutku kuncinya tanamkan didiri masing2 org kesadaran untk saling menghormati dan menghargai…great!!!

  30. saya lihat yang berkomentar rata2 berpendidikan sarjana, yang jadi maslah yang ab2 ini yang jadi masalah sakjane sudah bersatu dari dulu gak ada permusuhan…mulai detik ini gak ada lagi tawuran,mari kita binsa adik2 yang jiwanya masih belum stabil.Salam dari SHW Malang

  31. saya anak STK madiun….

    saya bangga dengan SH, tapi bukan bangga karena banyak teman dan bangga karena permusuhan……

    kita satu, jaya semuanaya…

  32. emang bner kita gag perlu saling menghasut..
    coba deh klu kita bersatu,pasti SH tambah jaya.

  33. aku warga PSHT MADIUN, sebenarnya saya tidak setuju kalau PSHT & PSHW bentrok, toh itu hanya dapat mencemarkan nama perguruan. Saya bersama warga dari pusat Madiun sudah cukup bersabar&mengalah, tapi memang sulit menciptakan PERDAMAIAN

  34. STK BAJINGAN DANCOK GATHEL

  35. Eks,. Salam buat dulur2 di medioen sy seorang SHW sekarang merantau di timika papua, kehidupan sdh susah kok masih tawuran sj jadikn tempat kelahiran kita yg damai, nyaman untuk tinggal, jgn cari permusuhan tdk ada arti, cari sesuap nasi sj sulit setengah mati bisa2 hidup tdk ada arti. Semoga damai medionku.

  36. Mohon blog ini bisa di jadikan ajang silaturohmi untuk sesama sedulur SHT & SHW, bagi yang punya atur kurang baik mohon tidak di sikapi dengan hal yang negativ. Perseteruan dan perpecahan tidak akan membawa keberuntungan, saya yakin sedulur pasti sadar dan tau hal itu. Atur adalah citra dari pribadi manusia, ORANG SH, memiliki toto atur, toto polah yang baik lan migunani. Bagi anda yang tidak memiliki toto atur yg baik di blog, berarti anda bukan orang SH.

    salam,
    SEDULUR KEBONSARI

  37. O,. Iya lam kenal sj buat dulur2 di madiun selatan khususnya di dagangan, mo lht fs ku cakrayuda@yahoo.com

  38. DEVATA MADIUN KOTA PENDEKAR 1903

    Q NAK SH WINONGO MADIUN TOTO TATAG TUTUG SLAMET

  39. Jalin Ukhuwah dan persaudaraan ke penjuru dunia
    SHW dan SHT …..Cintai palestina

  40. aku siswa Sh terate dari jatibarang ingin sekali PSHT & STK Bersatu kembali karena guru besar kt hanya satu yaitu “KI AGENG SOERYO DIWIRYO” mengingkan satu saudara tidak boleh saling menyakiti atau bermusuhan. saya harap kt smu dpt bersatu seperti dahulu saling membantu saudara.salam untuk smua murid dari guru besar ki ageng SOERYO DIWIRYO.

  41. haloo sedulur ku moga kbare apik terus.aku joni di jatibarang brebes aku siswa PSHT.aku kepengin sekali PSHT & STK bersatu kembali dan tak da lagi permusuhan di antara kt.bukankah KI AGENG SOERYO DIWIRYO mengginkan satu saudara jngan slng menyaki marilah kt bersatu membela kebenaran.jangn lah kt smua terhasut olh orang2 yang inginkan persaudaraan kt smu hancur marilah kt smu memeranagi kejahatan dan bersatu dan jngan lah ada permusuhan di antara kt.salam untuk semua saudara ku

  42. mendhingan PSHT and PSHW bersatu ora usah padu,cakar-cakaran wong jarene “sedulur tungggal kecer”.Mari kita jadikan kota Medhioen kota yang aman,tentram,and damai kalo bukan kita masyarakat medhioen siapa lagi ok!

  43. PSHT Kebonsari Madium

    Perseteruan antara terate dan winongo kalau kita perhatikan ad beberapa sebab, diantaranya :
    1.karena kwalitas pendidikan mereka ‘yang selalu terlibat tawuran’ adalah rendah.
    2. Karena mereka banyak yang menganggur.
    3. Karena memang di atur demikian oleh para pimpinan mereka demi kepentingan politik sesaat ‘ingat sabtu kelabu ponorogo’
    dll.

  44. Aq ank STK Bogor salam eks. THE BIG FAMILI SETIA HATI TUNAS MUDA WINONGO MADIUN. Slam tuk nak STK dI Citereup Bogor. KEMBANG TEPUS KAKI yen dijiwet kroso loro rasah jiwet liyan.

  45. saya SHT 2004 Salam buat SHT Indonesia

    Memayu hayuning Bawana

  46. jika psht & stk bersatu maka akan menjadi benteng bangsa yang kuat

  47. -=SH TERATE DAN SH WINONGO=-
    “Setia-Hati” berdiri tahun 1903 oleh Khi Ngabehi Suro Diwiryo.
    Akar permasalaha pemicu pertentangan kedua kubu SHT dan SHW adl perbedaan ideologi antara Ki Ngabehi Suro Diwiryo dgn Hajar Hardjo Oetomo(murid eyang Suro).
    MENURUT PANDANGAN:
    1.Ki Ngabehi Suro Diwiryo
    SH bkn tempat wadah perjuangan bangsa untuk pencapaian kmerdekaan,ttpi perkumpulan pencak silat &tdk mmbdakn SARA.
    2.Hardjo Oetomo:
    -SH adl sarana menggalang persatuan and alat prjuangn pncapaian merdeka.
    .:Karena perbedaan tsb Hardjo Utomo mundur dr SH dan ijin kpd Eyang Suro utk mndirikan SH MUDA,tapi oleh Eyang Suro tidak diberi jawaban alias tidak direstui.Karena Eyang Suro mengtahui bhw di Pilangbango diadakn ltihan pencak silat,maka SH MUDA dicap oleh Eyang Suro sbg SH MERAH/SH KOMUNIS, SHM bersiasat mngbh nma mnjdi SH Pencak Sport Club(brgulir thn 1922).
    Masalah terjadi dgn Belanda krn kt “PENCAK” tsb,akhirnya brgnti lagi mnjdi SH SPORT CLUB.
    Thn 1942 atas inisiatip S.Soerengpati(tkoh Indonesia Muda),SH SPORT CLUB berganti mnjadi SH TERATE.
    ==================
    FAKTA::::
    Dari sini dapat dilihat bahwa antar SETIA HATI yang didirikan oleh Eyang Suro dengan SH TERATE adalah berbeda..
    Mungkin dapt dktakan bermusuhan atau Penghianatan oleh murid ke Guru.
    Jikalau ada yang memgatakan bhw Saudara2 SH TERATE adalah cucu atau saudara Eyang Suro, itu tidaklah benar.
    Saudara tua sebenarnya adalah SH PANTI dan SH TUNAS MUDA WINONGO.
    Hal itu terbukti bahwa Eyang Suro wafat thn 1944,sepeninggal beliau masih memiliki basis SETIA HATI di desa Winongo dgn murid2 beliau. Sedangkan tahun 1942 SH Jadi2an Hardjo utomo sudah ada di Pilangbango. Jadi dlm kurun waktu tsb tlh berdiri 2 perguruan:
    1. SH asli Eyang Suro
    2. SH pmbrontak Harjo utomo

    ))HUBUNGAN SH PANTI DENGAN SH TUNAS MUDA WINONGO((
    +SH PANTI(sh surodiwiryan) adalah rumah Eyang Suro yg dahulu digunakan untuk menggembleng ilmu2 SH,Berpusat di daerah Panti,selatan rel kereta Winongo.
    *** Sesepuh SH PANTI bapak KOESNI dan Pengasuh SH TUNAS MUDA bapak RDH SOEWARNO mengabdi pada Eyang Suro dari thn1939 dan hingga eyang meninggal, mereka belum dikecer. Akhirnya dikecer oleh murid Eyang Suro bernama Hadi Soebroto.
    Perlu diketahui oleh kadang sh Terate,bahwa BapakRDH Suwarno bukanlah PENDIRI SH Tunas Muda Winongo, melainkan PENGASUH.

    MENGAPA BERNAMA SH TUNAS MUDA DAN AKTIF TAHUN 1965?
    -SETIA HATI Asli( bukan PSHT) sejak thn 1964 mngalami kemunduran dan tidak begitu aktif.
    Dikarenakan berkurangnya pnrimaan murid baru, sebagian saudara SH sudah sepuh,bahkan meninggal.
    Dikhwatirkan SH Asli akan mnglmi kpunahan,utk mnghindri hal tersbut, thn 1965 15 oct Bpk RDH Soewarno mngaktifkn kmbli kegiatan SETIA HATI.
    Ini tentunya juga mndapat pngkuan dan persetujuan dari pihak SH PANTI,dapt dketahui bhwa SH PANTI mngijinkan pemakaian simbolnya pada SH Winongo ini.
    Karena aktif dlm bntuk organisasi dan mndpt ijin notaris, dlm SHWINONGO disisipkan kata TUNAS MUDA,yang artinya SH yang akan bersinar kembali.
    SH PANTI hingga sekarang masih ada dan seluruh organisasi penerimaan anggota,acara Suran Agung dan halal bihalal ditangguhkan kepada SETIA HATI TUNAS MUDA WINONGO MADIUN.

    MENGAPA DALAM PENERIMAA SH TUNAS MUDA HARUS DILAKUKAN PENGESAHAN TERLEBI DAHULU??
    -Dengan disahkan,seseorang akan resmi mnjdi Warga. Ilmu2 SH boleh diketahui hanya oleh warga dan dilarang mngjrkan kpd yg bkn warga.
    Untuk pelajaran tngkt lnjut baik itu akan diikuti atau tdk oleh seorang warga,itu mrpkn ksdaran dr warga tsb. Karena SH tidak ada paksaan.

    APA SEBAB ANGGOTA SH WINONGO TIDAK BEGITU BESAR DAN SEPOPULER SH TERATE?
    -Hal ini karena siapapun yang akan menjadi warga SH TUNASMUDA WINONGO, maka diwajibkan untuk langung datang ke pusat d Madiun dan dikecer langsung, SH TUNAS MUDA tidak membuka cabang dimanapun.

    EYANG SURO:
    SH tidak membedakan SARA
    Hardjo Utomo:
    Masuknya orang Belanda ke SH akan menjadi musuh dalam selimut.
    tapi sekarang di SH TERATE kok ada program go international ya?
    Apa kata dunia????????

    • mas kowe lahir tahun piro so tau

      • entheX_bukant KopLak

        HuuuuH…..
        Walaupunt Berbeda tetapi tetap 1 jua…..

        PSHT Tetap Jaya Abadi Tuk Slamanya….WaLaupun Hasutan Sering Datang,,,Qt Harus Slalu TAbah menjaLani nya……(Jangan Merasa Bisa, Tapi BisaLah Untuk Merasa)

        POKOK_E tetep PSHT Jaya D mata Dunia….HAHAHAHAHA….!!!!

      • Arsad@yahoo.com

        Saya pengamat pertengkaran SH di Madiun. Saya sependapat dgn artikel diatas . konflik antara SH Winongo dan SH Trate setidaknya disebabkan 2 hal. Satu adalah karena beda pemahaman, SH Nongo merasa lebih tua sehingga sangat terusik dgn sepak terjang SH Trate yg cenderung agresif, cepat menyrbar, mudah ditrima di masyarakat luas. Akhirnya sh nongo mudah sekali melempar kalimat provokatif kepada SH Trate dengan kalimat SH jadi-jadian, SH palsu, Harjo utomo murid penghianat dll. Kalimat itu bukti kalo SH nongo betul lebih tua tapi ada oknum di sh nongo yg pikirannya belum dewasa. Sebab Yang kedua wawasan Ketuhanan mereka rendah. Nongo maupun Trate sebaiknya tidak usah saling klaim yg paling benar. karena kebenaran itu hanya milik Tuhan. Sifat merasa paling hebat, paling benar, paling asli itu akan memperuncing maslah. Banyak komentar yg ngajak bersatu tanggapilah dengan santun, jangan provokatif. Saran saya bersatulah tidak usah merasa paling… dan tambah wawasan ketuhanan anda.

      • Wah ini ceritanya mirip penjajah belanda dengan pejuang kemerdekaan RI sekitar tahun 1945 donk . Penjajah belanda menganggap pejuang RI sebagai murid yg harus patuh dgn doro kanjeng yaitu belanda, maklum jaman feodal. Kalo pejuang punya pikiran yg bagus tidak boleh, tdk usah macam2 kita ini hanya perkumpulan. Ketika pejuang ingin memperjuangkan kemerdekaan RI tentu sang bos koloni belanda tidak setuju dengan memberi sebutan kepada pejuang PEMBERONTAK atau PENGHIANAT. Kenapa? karena dominasi belanda yg menjajah akan terusik, pengaruh akan hilang rasa kebangsawannya akan sirna. Maka untuk menghambat itu maka para pejuang yang sangat mulia hatinya dicap sebagi PKI, dicab pemberontak. Padahal ingin berjuang untuk kemerdekaan spy bangsa ini tidak terjajah. Sepengetahuan saya eyang Suro juga cinta kemerdekaan, hanya murid sableng saja yg mengatakan eyang suro tidak setuju ide eyang Harjo untuk berjuang mengusir penjajah belanda. Tapi kalo cerita dari yg mengaku Tokoh SH tadi benar bahwa eyang Suro benar2 tidak setuju ide eyang harjo utamo untuk mengusir penjajah. Trus Siapa Yang sebenarnya yg menjadi Penghianat Bangsa? orng yg pro kemerdekaan apa yg pro dengan penjajah belanda Bos ?Yg pro dgn kemerdekaan siapa yg tidak setuju kemerdekaan siapa? Saya jadi curiga anda tidak tau SH yg sebenarnya masak eyang suro dianggab pro dengan penjajah. Jangan2 anda akan mengatakan bahwa eyang suro sdh di sogok belanda sehingga pro dgn belanda. dan Benci dgn muridnya bernama eyang Harjo utomo yg mau ngusir belanda yg ketika itu nyata2 sebagai penjajah musuh bangsa Indonesia. Saya curiga anda ini merusak SH nongo dengan mengarang cerita yg edan dan juga provokatif. Tulisan anda tidak bisa diterima oleh SH nongo dan SH trate. Karena secara tidak langsung anda menjatuhkan sh nongo dan juga sh trate.. Sya sarankan anda belajar lagi dengan baik dan jangan mengaku tokoh SH. Anda ini togog sh bukan tokoh SH. Saya nasehati anda jgn provokatif, permusuhan tidak pernah berhasil, perkelahian tidak pernah menguntungkan siapapun. Bersatu itu lebih indah, lebih utama, lebih baik. lebih Mulia bos.

    • saya dari SH Tunas Muda Winongo

      saya minta alamat email njenengan

      saya dukung njenengan biar SHT tau “apa dan siapa”
      terima kasih

    • Tokoh kucluukk… pede bei bene PKI,..

  48. cok, jo kakean bacot we! tak tekoki, jane we pengen sht mbek shw rukun pora? makakno jo kakean nyocot!

  49. Prof.Dr Mahendra

    Buat mas ashter,,bukan kakean nyocot mas,tapi sbg seorng yg brpndi2kn n ingin mngtahui kbnaran SH,saya mneliti..itu tgas saya.
    Saya prihatin dg sbgian warga SHT yg mnjlek2kn PSH Tunas Muda,,dan mngagung2kn SH PANTI adl tk brhbngan SH Winongo,, Jka tk percya mhon tnya kpd ssepuh SH PANTI di daerah Winongo juga, Logo STK dan 1903 adl mlik SH Panti dan dipebolehkn dgnakn SH Winongo

    • Betul Prof… anda merespon jawaban ashter dengan logis,klo saya boleh tau ada apa tidak warga2 SHT yang bergabung dengan SH PANTI?
      Setau saya tidak ada,apa bener sepengetahuan saya ini?

  50. saya dulu pernah ikut latihan SH, Sebenarnya SH Itu ajarannya baik, tetapi mungkin ada hal – hal dilebih – lebihkan oleh para pelatih saya, maka dari itu saya tidak cocok untuk meneruskannya, sampai sekarang sedikit saya masih mengamalkan ke SH an saya dalam berperilaku dan bersosial walaupun hanya sedikit yang saya dapati tentang ke SH an.
    (Apapun nama organisasinya yang penting jiwa SH nya).

    mungkin eyang Khi Ngabehi Suro Diwiryo waktu itu mengajarkan ilmu kebaikan kepada belanda, agar belanda sadar yang mereka lakukan salah.

    mengalahkan musuh bukan berarti harus adu fisik, tetapi dengan mengajarkan kebaikan mungkin akan mengalahkan mereka.

  51. Salam persaudaraan
    EKS…
    Saya mohon untuk saudara se-SHjangan terus berseteru,saya yakinpemicu perseteruan adalah anggotaSH yg msh muda n blm tahu apa ituSH..
    Sdikit saya dinginkan disini tentang SHyg brbda2 tsb spy sdra2 tdk sll brseterudan mohon yg mmbaca kmentarini,,sebarkan…untuk prdamaian&ksatuan SH.
    Saya adlh warga SH Winongo,kakakwarga SHO&anehnya Romo saya adlwarga SH Terate..
    Mengapa berbda n tdk trjdi konflik??krnkami tlh mngtahui apa itu SH..jiwa SH..
    Saya prihatin mngapa trjdi perseteruanantar warga SHT dg SH Tunas Mudahnya utk mndpt sbuah PENGAKUANbhw itu SH asli..
    Saya sering brtukar pkiran dg Romosaya ttg SH masing2,bhkn yg mnyuruhsaya mngikuti SH Tunas muda winongoadalh Romo saya(Beliau msuk SHTerate saat itu pengurusnya adl RMImam Koesoepangat).
    MENURUT CERITA ROMO SAYA::
    Semua SH itu adalah satu.
    Ibaratnya Joyo Gendilo CiptoMulyo(SH) itu adl sekolahan,dan EyangSuro adl gurunya,mkmurid2nya(pelajar) mmproleh suatuilmu dan dikembangkan hinggasekarang,prbdaan adl wajar..
    Klaupun Eyang Suro skg msihhidp,maka beliau akan trsenyum,krnSH,sekolahan yg beliau dirikan,skarangtlh mnjdi maju dan brkmbng mnjdibraneka ragam.
    APA YANG MENDORONG ROMO (sbgwarga SHT)SAYAMEMPERBOLEHKAN MENGIKUTI SHWINONGO?
    Saat awal2 pengukuhan dan pmberiannma SH TUNAS MUDA,Romo(sbgwarga SHT) sering bersowan atauskedar bercengkrama di SHPanti,beliau jg brbincang2 dgpengasuh SH Tunas Muda Winongoalm.RDH Soewarno di SH Panti tsb..
    Dlm urun rembuk di markas SHPanti,beliau tahu mngapa SH TunasMuda dikukuhkan,kata Romo saya:
    -SH Panti anggotanya sudah sepuh2
    -SH Panti mndukung pngukuhan SHWinongo untuk mngdakn pnerimaananggota muda2 atau tua,krn SH Pantiblm mmliki akte,hngga akhirnya dibriknakte notaris RI tgl 29 Juni 1953 no:4atas nma SH Tunas Muda WinongoMadiun.
    -SH Panti,SH Terate,SHO pun jgmngkui pngukuhan pnambhn kataTunasMuda tsb.
    RDH.Soewarno mngasuh Sh Winongossuai dg ilmu2 SH dlu ssuai tngkatanwarga hngga tngkt 3,bgitu pula KiHajar Hardjo utomo,bdanya adl SHTerate grak pncak silatnya dikmbngkan.
    Walaupun bkn warga SH Terate,sayabljr dr Romo saya ttg SH TERATE,danap ksimplanya?Gerakann pncak slat gkjauh brbda dg SH Winongo,SHO baiksnam maupun jurus..inti ilmuSH jgsama..
    Mgkn akn ad prtanyaa,siapa sbnarnyaBapak RDH.Sowarno mngapa branimnjdi pngasuh SH TUNAS MUDA??
    -Beliau adl murid eyang Suro,sama dgKi Hajar Hardjo utomo,yg mmbdkn adlumur dan angktan tahunnya.
    Ki Hardjo lbih dlu dan dkcer lngsungEyang Suro,sdng Bpk Suwarno barumngikuti SH thn 1939,saat itu beliaumasih muda..hingga Eyang Suro wafatthn 1944,Bpk Suwarno masih mngikutiSH dan akhirnya dikecer oleh muridEyang bernma mas Hadi Soebrotobrsma mrid2 SH yg lain..Jadi BapakWarno adl Adik sepeguruan Ki Hajarhardjo utomo(pendiri SHT),bapakMunandar(SHO),dan pasti saudaratahu,apa janji sesama sedulur SETIAHATI dari atas kebwh atausbaliknya??Apakah dahulu adaperseturuan antar RM Imam.K(AngktanMoh.Irsyad)dgRDH.Soewarno?jawabnya TIDAKPERNAH sekalipun saudara…TujuanSH Winongo juga mlestarikan budayadr SH 1903,begitupun SH TERATEjuga ingin mlestarikn jiwa patriot SH1903,SHMuda,SH Pencak SportClub,dan SH Sport Club…
    Smua sama,edi peni,adi luhung SHTunggal,ibarat Agama tp hanya 1 yaituPencipta..
    Saudaraku…saya mnyesalkan ulahprovokator2 muda yg mbda2kan SETIAHATI…Harusnya tahu makna SH.. SHPanti,SH Terate,SH Organization,SHTunas Muda Winongo,SH Anoman,SHTongkat Putih,SH Stamvaders,PSHAmersfoot, semua adalah BROEDERSHAFT..tidak akan brdiri jk tdk adaprstujuan dari para sesepuh SETIAHATI..belia sesepuh2 rukun tanpakonflik…mengapa saudara yg lbh mudadan ilmu dasar mmpetadukan SHhanya karena perbedaan plajaran,dantahun pendirian…SH itu satu…
    Semoga dgn komentar ini saudara SHbisa sling mngerti.
    EKS
    Salam persaudaraan..
    Amar maruf nahi munkar
    Ojo gawe susahing liyan,opo alanegawe senenging liyan..
    Het leven is geen loletje.
    Rukun agawe santoso,crah agawebubrah..
    The brave man isnt only the man whocan fight his enemes,but also can fighthis desire..
    Tat twam Asi,Aku adalah Kau..
    SH iku eka kadya badranaya hing megokartiko,sumunar kumelip kadya sitaresmikang agawe peni hingngarcopodho,lan biso nyumunarakenhamemayu hayuning bawono ingkalbuning jalmo..
    Dari saya::
    Ir.GKPH Mas Soebandrio
    Ing tlatah haNgayogyokarto..

  52. sedulur kabeh ak ank sht!!!aku pingin sht n shw c4 bersatu ,buat ap kita bermusuhan toh kan kta semua adlh saudara!saya 2 bersaudara tpi kakakku org shw tpin kmi ttp akur n tetep bsa mengerti!z aku hrp shw n sht c4 bersatu aj,biar tambah jaya(amien)

  53. “Salam Persaudaraan”, Dari penjelasan Mas Soebandrio di atas hrs’nya kita smua tahu & faham, bhw sumber ilmu kita adalah sama, dari satu sumber, sesepu2h kita aj bs rukun,mngapa saudara2 kita trtma yg msh muda2 msh seneng eker2′an….,tdk ada jelek’nya kan apabila qt bs rukun & damai, krn tdk ad untung’nya klu qt ttp gontok2′an & eker2′an yg tdk ad manfaatnya. Salam utk semua wrga PSHT & PSHW,dari sedulur di Palembang……

  54. RM Pandji Soeryo a

    Kagem sedherek SH ingkang mboten rumaos punopo SH pecah dados kathah,kedah tangklet dhateng kulo;;
    Jln Dhoho Ds Wnongo Madiun,, Baik warga SHT/SHO/Winongo/PN/IKS dll akan diterima dgn baik. Untuk siapa saja yang akan berziarah di makam Eyang Suro..Warga Winongo tidak melarang. Asal jaga kesopanan dan tidak berbuat onar.

  55. salam EKS saya saudara sh winongo kecer tahun 2002.sekarang saya berada di jakatra .badhe urun rembug mas… sebenarnya baik itu sh terate maupun sh winongo merupakan perguruan yang adi luhung keduanya mengajarkan kebaikan,inget trate dan winongo kan pas latihan gak pernah too para pelatih mengajarkan kita untuk beratem.kita hanya di ajari ilmu bela diri dan tata krama hidup di masyarakat tooo nek saiki jek gelutan wae keceran winongo lan terate NEK WIS BAR DI SAHKE NDANG BUDHAL WAE NENG LIBANON.INI PERINGATAN BAGI CAH WINONGO LAN CAH TERATE SING DO KEMETHAK.sori aku sendiri saudara sh WINONGO tetapi saya paling tidak suka kalo sh winongo dan sh terate berantem HIDUP SH TERATE DAN SH WINONGO.SALAM E K S.

  56. saya anggota stk tahun 1992 : gm to sampai sekarang kok masih ada aja yang masih berkelahi emang susah kalau kita saudara aja masih ribut2 terus gm mana maju madiun kalau bertengkar terus. EKS

  57. say no to fight because we are same

  58. saya anggota SH Winongo Tunas Muda
    angkatan des 2005
    aneh ya…kenapa kok smua pada ribut…padahal saya justru berteman baik dengan pentholan SH terate..merekapun tau posisi saya…dan tidak mempermasalahkan itu…ayo to smua………jgn gelut aja yg di pikir…….lebih enak damai………

  59. Saya Warga PSHT ….Setelah saya mencari tau tentang SHT dan SHW…
    kenapa juga kita harus berkelai tidak karuan yang kita sendiri tidak tau apa yang kita perebutkan(kita saudara).
    kalau SHT dan SHW bersatu kita pasti akan jaya didunia persilatan.
    dengan jumlah SHT dan SHW sekarang kita akan jaya..
    salam persaudaraan

  60. EKS assallaikum wrwb, kgem poro kadhang sh di pelosok nusantara perkenalkan sy warga SH WINONGO kecer th 1997 asli cepu jateng, sy bangga tlh mjd warga sh winongo krn dr sh lah sy sedikit mengerti dan memahami ilmu sh,bagi sy perbedaan berorganisasi bknlah suatu hijab tuk saling menghujat dan slg bermusuhan nmn perbedaan bg sy adl anugrah yg plg indah dan perlu kt lestarikan bersama. Dari komentar poro kadhang SH smua sbgian besar berharap sh bersatu jd klu ada gesekan atau profokator itu adl oknum sh yg blm mengerti dan memahami apa itu SH. Sy mengingatkan kepd sdrku smua bahwa musuh kt adl syetan yg terkutuk yg sdh jelas2 ingin mengajak kt masuk kedlm neraka jahanam, utk itu marilah kt sama2 instropeksi diri mecari siapa diri kt sendiri shg kt mjd mns yg betakwa disisiNYA, Klu ada sdrku dr sh laen beranggapan sh winongo adl sh gelap dan hny bs mencetak pendekar instan itu adl pemikiran yg slh dan dangkal, krn itu bkn watak seorg sh sejati yg suka membolak balikan sejarah sh itu sendiri tanpa memahami pakem sh. Mdh2an stk tetep jaya.amin

  61. Tambahan: mhn maaf apabila ada kata2 yg krg berkenan, slm bwt mas Budi adjie ketua umum pshw di cakung slm bwt mas sofyan di tangerang, slm bwt ustad affan di bogor dan tak lupa jg slm bwt sdrku stk di smua cab PSHW SEjabodetabek mdh2an stk makin jaya. Wassalam. dr RUSDI STK GEMBOR TANGERANG.

  62. saya warga psht.
    kenapa dengan tunggal guru kok berkelahi aja,dari pada berkelahi terus gmna kita saling mendukung satu sama lainya.

  63. ajining diri soko lathi jer laer utusane bathin

  64. smua ilmu pda hkekatnya sama tergntung pda orang yng memiliki ilmu itu sndiri…..

    CIU TAK OCAK ACIK MRICO POLO TK NGGO DAKON.KAREPKU TK GAWE APEK BOK TOMPO OLO MONGGO MAWON….

    BERANI KARENA BENAR TAKUT KARENA SALAH….

  65. ass…..
    wes dirampungi wae permusuhan iki ojo saling menghina!!!!!! aku anggota PSHT . mulo iku ayo do damai wae yo (anggota SHW) kan damai itu baik!!!! oklek…………………

  66. jo mikir gelut wae to sedulur2. Mikir wae negara iki yg lg carut marut. Klau pada berantem berarti nambahi beban negara kapan pulihnya ekonomi bangsa. Kalau masih suka NKRI jagalah kondusif negara, sbg orang SH sblm bertindak hars tahu benar dan salahnya OK. salam tuk warga PSHT se-dunia yang cinta damai…!

  67. Damai Is The Best

  68. Monggo sareng2 nguri2 ajaranipun SH engkang luhur.leres ngandikane kang mas mahendro sedulur2 SHT mboten sah ngelek2 sedulur SH Surodiwiryan [SH_WINONGO]= SH_WINONGO mboten pernah golek murid ,tp sejatine bakal digolek,i wong seng pengen ngerti ajarane Ki Ngabei Surodiwiryo,,pesenipun Bpk Pengasuh Almarhum,,,kagem Mas Hendro Matursembahnuwun”’smg dalam melatih latihan warga PSHT teng Jakarta mendapatkan berkah lan tansah sukses,,,SH JAYA

  69. EKS
    bwt saudara2 shw mari kta jga prdamaian n prangi kemungkaran

    EKS……

    TAT TWAM ASI

  70. Maaf para Kakang Pendekar, Meskipun kita asal muasalnya embrio dari Eyang Suro tetapi kita harus tau juga bahwa, Ideologi para Pendiri SH dan PSHT diferences jadi tinggal kembali kepada para anggota dan leaders masing untuk hidup berdampingan satu sama lain.

  71. Terima kasih kepada raka Mas Soebandriyo jogjakarta yang telah menyejukkan kita semua para kadang Sh apapun organisasinya. Kita semua telah sepakat dan mengakui serta menjunjung tinggi Ki Ngabehi Suradiwiryo sebagai pencipta dan pendiri Setia Hati ( semoga Beliau diterima disisiNya. Amin..) saya hanya pengin meluruskan pendapat sdr. “tokoh SH” di atas. Beberapa hal sdr benar namun, ada satu yg salah dan mendasar karena pernyataan sdr tsb telah menodai jasa Ki Ngabehi. Yaitu bahwa Ki Ngabehi menurut panjenengan tidak menyetujui SH sebagai wadah dan alat untuk perjuangan bangsa karena, SELAMA HIDUPNYA KI NGABEHI JUSTRU BERADA DI GARDA DEPAN DALAM PERJUANGAN BANGSA. Berapa kali Ki ngabehi berkelahi dan mengalahkan orang belanda, sampai-2 beliau meninggalkan surabaya dan kemudian menetap di madiun diantaranya adalah karena itu. Semua sedulur SH baik itu yang di SH (panti), SHT, SH Winongo Tunas Muda (STK), SHO, SH Tuhu Tekad dll semua tahu hal itu. dan di selatan rel KA winongo tidak ada daerah yang disebut panti ( spt yg anda sampaikan di atas) , yg ada adalah PANTI SH : yaitu rumah kediaman almarhum semasa hidup yang dihibahkan untuk kepentingan SH. Pada masa almarhum masih sugeng, sudah ada SH lain yang lahir seperti SHO, dsb, bukan hanya SHT. Namun kenyataannya organisasi SH lain inipun juga pernah ada. Ini mungkin dan pasti disadari oleh almarhum pada waktu itu. Mengingat pada masa tersebut msh masa penjajahan, ada keuntungan dg banyaknya SH yaitu, bilamana salah satu dibubarkan oleh belanda, maka masih ada SH lain yg tetap eksist. Ini perlu saya sampaikan mengingat, sebagian urun rembug sdh menyadari betapa semua SH perlu untuk bersatu (HARUS !!) akan tetapi esensi tulisan sdr ternyata mengajak untuk “cecongkrahan” lagi. Biarlah jika ada kekurang sesuaian antar tokoh dimasa lalu, itu menjadi tanggung jawab masing2. Namun kita yg ditinggalkan tentu saja harus mendoakan semoga semua TOKOH SH para leluhur kita dimaafkan segala dosanya, dan diterima segala amal baiknya, khususnya yg telah mengajari kita untuk ber SH, mengenal mana yang benar dan mana yang salah. Ki Ngabehi mengajarkan pada kita untuk selalu berpegang pada AS (hati nurani). Siapa yang berjalan sesuai dg as, maka selamatlah dia dunia dan akhirat. Sebaliknya, siapa yg berjalan terlepas dari as, niscaya kehancuran akan menyongsongnya.

    • terima kasih ki, atas pencerahannya. Mestinya semua orang SH apapun organisasinya baik yang TERATE, STK, ORGANISASI, TUHU TEKAT, DAN SEMUA YG LAHIR DARI SH menyimak pendapat ini, karena dari bahasanya ki mangun ini orang netral yg tidak memihak manapun, tetapi membenarkan semuanya. Kayaknya njenengan dari lingkungan SH atau dekat dengan SH ya Ki ? kalo saya murid dari wiro sableng 212…he..he….

  72. Tambahan: saat ini ada anak asuh dari almarhum RDH Suwarno (semoga beliau diterima disisiNya. Amiinn…) yg warga negara belanda, dan pada acara halal bil halal SH Winongo Tunas Muda tahun 1430H ( 2009) tampil memperagakan pasangan lengkap SH di depan undangan2 Muspida koordinator, muspida kota dan kabupaten madiun. Menurut keterangan dari Bapak Pengesuh SH (panti/surodiwiryan) yaitu Bapak Koes Soebakir selaku sesepuh sekaligus cucu dari almarhum Ki Ngabehi, ada juga Warga SH (panti/surodiwiryan) dari Belanda, yg senantiasa aktif berkomunikasi dg beliau hingga saat ini. Jelas secara formal ada SH Terate komisariat Belanda, dan negara lainnya. Apa artinya ini semua, jelas SH apapun organisasinya sudah ” nut jaman lelakone” dan masing2 tetap mempunyai prinsip dan aturan main dalam penerimaan warga baru.

    • lha ini juga tambahan ki…… ternyata semua SH punya murid di luar negeri termasuk di negrinya mbah2 londo…. wong mbah wedok saya dulu juga pernah nikah dengan mbah lanang londo…. he…he…

  73. untuk bedes-bedes srbaya ojo lali mbalik nyang ndesomu!!!!!!!!!!!

  74. Rak ono gunane do padu kabeh. nek mati ra ono sing digowo!!!!!!!!!!!

  75. saya ank STK wonogiri, salam damai bwt sedulur kabeh. Mbok rasah pdo geger, nak di bacok yo iseh metu getie. STK JAYA SELALU. EKS………..

  76. STK jaya selalu, ojo podo geger yow…, STK muruh cinta damai…

  77. EKS……
    ayo dulur-dulur podo rukun. urip wis susah,ojo di tambah susah,malah nganggo bacok-bacokan pisan. ojo nggoleki bener salah,sing penting ayo mbangun indonesia. SH kwi mung bagian sing paling cilik soko indonesia,tinimbang mbelani sing cilik,luwih becik mbangun sing luwih gede yo kuwi indonesia. saiki indonesia butuh perhatiane awake dewe kabeh poro sedulur SH,mulo ayo kabeh ojo podo padu.
    JAYA SELALU S-H…
    salam buat saudara STK dan SHT di seluruh indonesia… dari saudara di jiwan. jaya selalu INDONESIA…. MERDEKA….
    EKS….

  78. salm persaudaraan… Sy warga PSHT dari Timor Leste pengesahan tahun ’98 di Malang jawa timur. Sebelumnya sy mohon maaf, setelah membaca semua kalimat diatas ada yg baik dan masih ada pula saling menjelek2an. Apakah selama dlm latihan para pelatih tidak memberikan ilmu ke-sh-an, kok masih ada yg menjelekan satu sama lain. Kami warga PSHT dari Timor Leste persaudaraan sangat kuat sekali, maka saya harap pd saudara SH dipust Madiun hrs hidup dg MEMAYUHAIYONI BAWONO yg artinya menciptakan suasana yang tenang dilingkungan dimana kita berada. Sy membaca sejarah Ki AGENG beliu berpesan kpd kedua muridnya bahwa “kalian boleh mendirikan banyak perguruan tapi dg satu syarat jangan lupa nama SH. …!!! Salam buat mas adjit di Madiun, dan mas Helmi di ponorogo, dan salam juga pada ketua pelatih putih mas agus dan siswa baru di kampus 3 Widixa Gama Malang. Dari mas jon ’98 ..,!!! POLISI NASIONAL TIMOR LESTE .,.,

  79. hei poro mas2 ojo podo gelot wae salam persaudaraan di ke2 belah pihak, salam sejahtera, Q cahyo nak pacitan, wes ale gelut mbok yo damai wae lho kan penak.

  80. Thank’s for your anttention

  81. eks…kami saudara pshw.dari komunitas korea selatan.aku emang gak tahu kehidupan s-h di indonesia sekrang.apamasih suka ,tawuran ta.aku minta para sh terate dan sh winongo rukun dan hidup berdampingan ,dan saling membaur.salam pekik perjuangan….s-h jaya……..kumpulan stk korea.

  82. kabeh ajaran”SH”iku mung sji<ngabekti marang gustigak usah tawur tawuran.KABEH SOK BKALE MATI.jo podo gumbede.

  83. kalo nulis disini hanya malah menghasut mending tidak usah komentar.harus nya sh terate n sh winongo sama-sama ingat tunggal guru nya sapa.itu yg di jadikan pemersatu,cari persamaan nya jangan cari perbedaan nya..

  84. zhen nk bojonegoro

    ho……iiiiiiii….masssss

    .

    g sah slng hasut, sht n shw sami mawon ….
    .
    g sah tawor, MARILAH KITA ERATKAN TALI PERSAUDARAAM KITA

  85. saya turut berduka cita Hormat kepada warga timor leste.Kejadian di tahun,2006 mas mas 10 orang yaang sudah meningal dunia

  86. Sarasehan bersamaWong SHT Dan Wong SHW,

    “Sekuat Apapun Orang SHT Dan SHW atau Perguruan Pencak Silat Lainya, Masih ada yang lebih kuat lagi Yaitu ” TUHAN Y.M.E”…

    Perlu kita renungkan sejenak , mengapa semua ini bisa terjadi…???
    Di mana letak kebenaran itu…???kalo sesama saudaranya sendiri tukar padu, tak ada pemecahan masalah sama sekali.

    apakah orang SHT atau SHW yang paling benar sendiri..??Tentu tidak kan…

    “Orang hidup Menunggu Giliran Mati”

    Tapi Sebelum Mati, Kita Harus Menjadi Orang Yang Damai, Tentram, Sejahtera….
    Mencari makna hidup itu susah,apalagi menjadi orang yang benar…

    Maka dari itu, mulailah kita semua mempunyai prinsip menjadi orang yang baik.

    “Perubahan Bisa Terjadi,Karena Diawali Dengan Perubahan Kecil”

    SHT dan SHW Jaya Slalu……

    —-==== 212 ====—-

  87. Saya warga PSHT tidak apa-apa semua tulisan tinggal kita menanggapinya. Saudaraku PSHT semua komentar dari warga STK dapat kita pakai untuk INSTROPEKSI DIRI agar kita makin JAYA.

  88. aslm…………
    q bocaH PSHT,sopo seE sing raseneng hidup rukun……………………….. ckrG jng liat lebelY
    SATUKAN MISI KITA
    “Melestarikan ilmu pencak silat dari EYANG NGABEI SURO DIWIRYO”
    …..sTOp ke2rsn…….perlihatkan PersaudaraaN…..
    matursuwun!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  89. Lha wong ada sedulur, sekampung, sebangsa dan setanah air bisa go international kok malah sewot. Ini jaman kemajuan bung ! Perang ama belanda itu kan jaman dulu, seperti juga Proklamator kita yang bilang go to hell Amerika, ganyang Malaysia. Di jaman kemajuan inipun pemimpin2 negara ogah perang bung. !! maunya hidup rukun membina hubungan baik. Artinya apa dalam kondisi situasi tertentu adalah wajar kalo menganggap bangsa lain mengikuti ilmu pencak silat di wilayah kita bakal jd musuh dlm selimut. Tapi disuatu jaman yg telah berubah kita juga harus bisa menyesuaikan diri. Ibarat bunga adalah Terate, dia bisa hidup di air, di darat, dan di udara. Luwes…flexible…wong tujuannya kan bukan mencari musuh tapi justru mencari saudara di mancanegara. Kan justru bangga toh ..Eeee putu2 ne mbah Suro biso ngangklang jagad ngamalake ilmune sang Guru yg telah merintis . Giliran cucu, cicit lan buyut sing ngembangake.
    Koyo mangkono.

  90. Biar bagaimanapUn saya tEtap dukung psht…karena PSHT memang benar2 mendidik manusia berbudi luhur’ tau benar & salah….salam buat mas tarmadji budi H & semua keluarga PSHT di dunia…kEy’

  91. iya.. kita seharusnya tidak bermusuhan.. EKS(eling kuat slamet). salam dari STK .

  92. Saya orang sumatra,dan dari perguruan pencak silat tenaga dalam budi luhur (PSTD Budi luhur).Perguruan ini di dirikan oleh bpk Agus santoso (raden mas surya ningrat) anak dari suryo panggih madiun.saya yang dulunya orang STK madiun,kasusnya pun sama kita selalu terjadi konflik dengan psht disana.Salam persaudaraan.

  93. stk tetep jaya goro2 ch terate dulur kita ch stk mati…memang terate ki bajingan wannine grudukan…coba siji lawan siji……ngluruk tanpo bolo iki palsu……terate tetep gatel….

  94. Ada baiknya apabila kolom opini ini sementara dihapus aja untuk menghindari berbagai komentar yg bernada provokatif..sehingga artikel maupun tulisan2 yg terdapat dlm situs ini tdk dianggap sebagai “pemicu” konflik..

  95. saya berharap pula bagi semua sj warga SHT atau SHW kita harus bersatu padu sebab kita sama.sama SH TUNGAL GURU.. saya sebai orang sH, TERATE yang kini tingal di nganjuk yang dulune latihan di nbojongoro and ahirnya di sah kan di madiun saya ingain agar semua yang merasa dirinya adalah SH mari kita bersatup padu

  96. damailah negaraku,damailah SHku,semoga kita bs bersatu n melestarikan budaya kita ini,janganlah ugal2an,jangan adigang adigung adiguno,salam dr ASHTER gorang gareng

  97. saya Anggota PSHT saya ingin kerukunan yang terjalin … sampai selama – lamanya…. dan tidak ada lagi salah paham .. saya ingin semua bersatu.padu.. SALAM PERSAUDARAAN

  98. Salam kagem sedulur SH nopo mawon..,saya penggemar beladiri dari Aliran mana ja…belum pernah perguruan laen terjadi keonaran apa lagi masih satu aliran…tp ad ap dgn “SETIA HATI”apa ga paham makna setia hati….ingat poro dulur tunjukkan orang smakin tiggi ilmunya tak ubahnya padi…sy bangga dgn SH tp sgt d sayangkan Citranya ternoda oleh nabsu iblis yg pgn menonjolkan otot..tp salah tempt…makanya kalah pamor dgn perguruan pndtng dr luar negri…gmana org ga antipati bentar2 kroyokan…bkn jmnnya lagi bung….boleh begitu tp lihat klo msyarakat kt dtindas boleh unjuk kekuatan….jagn orang mabuk d belain….pesen buat para sesepuh SH KALAU AD WARGA SH BIKIN ONAR HAJAR JA KALAU TDK MAU BERUBAH.TO D DAERAH SLOGOHIO MA PURWANTORO

  99. sesungguhnya ki ngabehi tidak akan mendirikan Djoyo ghendilo cipto mulyo(SH)Jikalau beliau mengetahui cucu_cucu murid beliau saling bunuh….
    Saya pernah mengunjungi salah satu orang alim di negeri tercinta ini,dan mengajukan pertanyaan kepada beliau?berikut ini :
    1.Bahagiakah,kalau ki Ageng mengetahui hal ini?pasti tidak
    2.Muram ataukah tersenyum jika beliau melihat cucu2 murid beliau seperti ini? pasti muram
    3.Apakah SH didirikan untuk saling bunuh?saya yakin “TIDAK”
    4.siapa yang salah/yang patut disalahkan jika terjadi bunuh2an di antara mereka?Pemimpin diantara keduanya
    5.Siapakah yang mendapat kebaikan dan berkah jika mereka hidup damai berdampingan?
    ke duanya akan dapat berkah dan kebaikan.
    6.kenapa terjadi saling bunuh diantara mereka kyai???sambil terkekeh kyai menarik nafas dalam dalam beliau menjawab,dek perhatikan sabda nabi setelah pulang dari perang badar”sesungguhnya kalian telah kembali dari perang kecil kepada perang yang lebih besar,sahabat bertanya apakah itu perang besar?nabi menjawab yaitu berperang melawan hawa nafsu kalian masing masing”

  100. Perkenankan saya memberikan saran:
    .saya harap tidak menerima murid di bawah umur, yang belum dewasa/akil baliq,kecuali untuk tujuan kesenian..karena lebih banyak kejelekanya.

  101. lapo seh jek demen ae perang,mikiro pok’o urip ki butuh mangan gag mung gelutan ae,yo pora cooooooo……….!!!!!!!!!!

  102. wah betapa hebat omongane,walah walah seng penting urip jo ………..jo angel 2 neg sht yo sht to ojo mumet2,neg ancene gelut yo ra popo seng penting bare mangan wareg. ojo lali anak bojo podo ngenteni, mati urip urusan seng Moho Kuoso.

  103. jangan ah…….,qt kan semua saudara ,justru kalau ada perbedaan itu jangan terus menggunkn kekerasan harusx kudu bersatu .saya berfikir sht ma sh winongo ma az qt dr mird2x mbah suro yo kan ,.
    sok sek menang ora bakal lestari anggone menang tp bakal lestari anggone kalah,g yoe seng peng rukon kabeh ,latean ngembangno opo seng di karepne karo mbah suro.
    SALAM PERSAUDARAAN

  104. tes comment…..

  105. Halo dab joxzin. Kok cuma tes?

    Halo Mas Nashirul di CESPOD.
    Sejarahnya ada yang kurang tepat, sehingga sepertinya lebih mirip legenda. Mungkin perlu mencari narasumber yang lebih valid dan reliable??
    Memang kesimpulannya benar bahwa ini soal klaim kebenaran antara pengikut perguruan silat dimana masing2 pihak mengklaim sebagai pewaris yang paling benar. Jika kemudian tersingkap bahwa sejarah perguruan tidak seperti yang diyakini, apakah murid2 perguruan tersebut akan tetap ribut seperti sekarang? Kasihan mereka yang tawuran, luka dan mati sia-sia. Kasihan kedua orang yang sudah membesarkan dengan susah payah.

  106. Halo dab joxzin. Kok cuma tes?

    Halo Mas Nashirul di CESPOD.
    Sejarahnya ada yang kurang tepat, sehingga sepertinya lebih mirip legenda. Mungkin perlu mencari narasumber yang lebih valid dan reliable??
    Memang kesimpulannya benar bahwa ini soal klaim kebenaran antara pengikut perguruan silat dimana masing2 pihak mengklaim sebagai pewaris yang paling benar. Jika kemudian tersingkap bahwa sejarah perguruan tidak seperti yang diyakini, apakah murid2 perguruan tersebut akan tetap ribut seperti sekarang? Kasihan mereka yang tawuran, luka dan mati sia-sia. Kasihan kedua orang yang sudah membesarkan dengan susah payah. Peace.

  107. salam persaudaraan
    kita semua sebagai umat manusia adalah saudara…
    alangkah indahnya kalau kita semua cinta kedamaian, dan kita sudah punya wadah SETIA HATI kenapa mau dihasut oleh orang2 yg tidak bertanggung jawab. mereka itu orang yang ingin menghancurkan SH .
    salam sedulur2 dari tangerang…

  108. ASHTER NGAWI (Bambang )

    SLM PERSAUDARAAN buat saudaraku sedulur PSHT di mana aja, kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa, NKRI harga mati

  109. ia adalah kamu…….
    yen dijiwit loro ojo njiwit lian……
    saya dari warga setia hati terate mengucapkan salam persaudaraan

  110. kita semuaboleh fanati tapi tetap harus menjaga kode etik..

  111. asalamuallaikum wr wb, salam EKS saya permisi mau urun rembug,saya dari anggota SH ” TUNAS MUDA ” WINONGO tahun 1990,dan sekarang saya merantau di kalimantan timur,disini saya hanya ingin menyampaikan pendapat / pandangan saya pribadi tentang konflik yang selama ini blm ada titik temu untuk berhenti saling menghujat dan mencela guna mencari pembenaran diri semata,minta maaf jika nanti ada tulisan saya ada yang tak sengaja menyinggung atau memojokan salah satu pihak yang tdk saya sengaja,menurut saya kita perlu dan wajib mengetahuai sejarah dan asal usul dari peguruan kita,krn kita juga bagian dari sejarah perjalanan suatu perguruan itu nantinya kelak untuk anak cucu kita yang akan menganut perjalan kita di bidang olah raga pencak silat dunia ini,padahal semua perguruan tentu sama dalam ajaran 2 nya tentang ke SHan,pasti untuk menciptakan pendekar yang berbudi luhur dan berjiwa kesatria,bersifat kasih sayang,saling tolong menolong tanpa pamrih,andab asor,menjaga nama baik perguruan,dan yang terpenting menjaga HATI / bathin kita supaya tetap lurus pada yang sang pencipta,sekarang ini sudah banyak oknum dari perguruan itu sendiri yang mempunyai kepentingan pribadi untuk di anggap paling benar dan paling kuat,membikin /membentuk generasi di bawah asuhannya untuk di tanamkan tetap punya prinsip / pandang kalau perguruan si A itu musuh kita dan tdk akan bisa di damaikna lagi sampai kiamat,sedangkan kalau kita lihat pada diri kita sendiri kalau kita sudah tdk punya HATI atau sifat ke SHan, sama saja kita ini ibarat mahkluk yang amat hina /tercela ( HEWAN ),krn sudah bnyak dari orang2 itu sebenarnya hilang kepercayaan pada dirinya sendiri,krn dia sudah terlalu percaya pada orang, dan sebenarnya NISCAYA sesat yang di dapat orang2 yang sudah percaya pada orang dan NISCAYA selamat orang2 yang percaya pada dirinya yang berada dalam diri dan yang memerintah dirinya,disini saya hanya ingin mengajak / menghimbau pada para sesepuh,pini sepuh serta saudara/sedulur semua yang masih dan sudah mendapat pelajaran ke SHan,yang intinya bermuara pada HATI/ BATHIN kita agar senantiasa menjaga,HATI /BATHIN kita untuk dapat meluruskan,menciptakan,membuat anak,adik,cucu kita yang meneruskan perjuangan perguruan kita,untuk di tanamkan rasa saling menghargai sesama perguruan.bukan di didik / di tanamkan rasa untuk saling membenci dan rasa untuk saling menyerang dalam bentuk apapun.dan dalam forum ini jadikanlah ajang/kesempatan/jalan/jembatan untuk saling intropeksi diri serta mawas diri dari hasutan dari orang2 yang belum tentu keimanannya orang2 tersebut. INTINYA punyalah dan tanamkan rasa keimanan BAHWA kita ini sebenarnya hakikatnya sama atau 1 yang membedakan kita hanyalah tingkat keimanan dan kepahaman kita tentang segala sesuatu apa yang di berikan pada kita oleh guru / pengasuh kita dan cara melaksanakan sesuatu untuk kita yakini,hanya itu yang membedakan kita,dan tanamkan pula pada diri kita dan adik,anak, cucu,siswa kita untuk menyayangi sesama perguruan terlebih sesama mahkluk ibarat kita menyayangi diri kita sendiri,biar nama,rupa bahasa,warna,pangkat kita berbeda,krn itu hanya untuk memudahkan kita membedakandhohirnya, tapi HATI kita adalah satu.dan tanamkan jangan kita kita mempercayai atau menyakini dari apa yang kita lihat dan kita baca dari buku krn buku juga bikinan manusia, tapi cari dan belajarlah dari guru atau orang yang memberikan suatu ilmu atau pelajaran yang orang tersebut dalam memberikan wejangan atau fatwa yang tidak memakai atau berpedoman dengan salah satu buku atau kitab dari mana pun,tapi beliau berpedoman dari apa yang asli yang sudah di lakukan atau di alami oleh para sesepuh terdahulu dan juga sama halnya yang di ajarkan oleh para nabi pada umatnya.mungkin tulisan saya ini agak melenceng jauh dari apa yang di harapkan oleh semua pihak dan terutama oleh saudara2 semua tapi inti dari tulisan saya ini hanya untuk mengajak dan menghimbau pada smua pihak untuk tidak lagi mengajak atau menanamkan prinsip atau sifat saling bermusuhan pada sesama terutama pada saudara2 kita yang lebih muda terutama pada siswa/ saudara/sedulur kita yang pemula.krn kita juga bertanggung jawab pada hari akhir sesuai dengan apa telah kita ajarkan pada siswa/ anak buah kita.intinya untuk apa kita munculkan dan utamakan perbedaan yang semestinya tdk perlu dan tdk boleh kalau kita udah tahu ajaran k SHan,yang mana mengutamakan HATI/ BATHIN,kalau kita msh berkutat di perbedaan satu sama lain,pertanda kita blm bisa memegang ilmu /pelajaran k SHan yang sebenarnya yang mana telah di ajarkan pengasuh pada kita semua,dan yang menjadi harapan oleh pengasuh pada anak didiknya/ muridnya.semoga kita semua bisak mengambil hikmah dari sejarah dan apa yang telah terjadi percekcokan/perkelahian/permusuhan selama ini antar sesama orang SH.amin.sekian pandangan saya dan harapan saya pribadi untuk semua saudara/ sedulur semua yang sudah mendapatkan ilmu/pelajaran kSH an.minta maaf jika tulisan saya kurang dapat di pahami dan di mengerti dan minta maaf juga jika ada tulisan saya menyinggung hati saudara/sedulur semua dari HATI yang paling dalam saya tdk ada niat untuk itu.makasih SALAM SETIA HATI.

  112. SH winongo nan jaya s’lalu d’hatiq

  113. sebenarnya sh terate to gateli/braninya kalo ada tmannya aja.
    cba klo d’ajak duel pasti gak brani,,,,,
    pa itu yang d’nama kn pndekar???
    buat para SH semuanya,,,,
    janganlah kau smbong>>>

  114. dgn Hormat aku perkenalkan diri
    warga: PSHT thn 1999 sasahan Malang
    alamat: Same – Timor leste
    aq bangga menjadi warga PSHT/ SH krn dr SH aq belajar berbagai hal yang mengantar saya menuju hidup yg penuh positif bahwa tahu benar dan salah, negara saya adalah negara yg masih penuh konflik tapi dgn ilmu Agama & ilmu SH aq yakin sampai sekarang aq masih berjalan sesuai filsafah SH bhw musuh tidak dicari ada musuh tidak akan lari, tapi ingat musuh bukan saudara kita tapi diri kita sendiri.
    sory aq mengingatkan utk saudara2 PSHT & PSHW tolong jangan melihat pada nama PT/PW tapi SHnya krn dari nama itu akan membawa kita kepada kebersamaan, kesatuan, & toleransi.
    INGAT:
    1. bhw kita bertengkar orang lain mengambil kesempatan, dan perguruanan lain justru memanfaatkan utk mengadu domba antar saudara.
    2. bhw para pemimpin baik dari PSHT/ PSHW mereka rukun dan mengakui bahwa mereka beda organisasi tetapi dasarnya tetap SH alias SAUDARA
    SOLUSI:
    mari kita berkampanye dan sosialisasi kepada masyarakat madiun bahwa PSHT& PSHW adalah organisasi cinta damai.
    SALAM PERSAUDARAAN
    Nb. Anggota PSHW di Timor Leste Baru 20 Org kalau saudara dipusat mau datang buka latihan dan kami PSHT Timor leste 100% pasti mendukung

  115. WALAUPUN BEGITU KITA ITU KN SEDULUR BUKAN MUSUH KITA DI SH ITU BELAJAR UNTUK HAL YG BGUS KITA MESTINYA SADAR LEBIH BAIK CARI SEDULUR KATIMBANG CARI MUSUH ….SALAM AQ ANAK SH WINOGO MADIUN SAYA TIDAK MENGGUNAKAN EKS KRENA SAYA JG MENGHORMATI SHT..SALAM SH NAN JAYA

  116. apa bener STK ngajarin amar ma’ruf nahi munkar..?
    apa bener SHT ngajarin persatuan dan kesatuan..?
    kalo iya, seharusnya orang2 yang dulu mati gara2 konflik ini ya biar aja mati, uda ada yang ngurusin di dlm kubur,, buat apa dendam2an sgala,, kl dendam nya uda kbales toh dia gag ngrasakan apa2, uda sibbug sndiri…
    SD-SMA pasti uda di ajarin plajaran agama n PKn kan,,?
    apa itu amar ma’ruf nahi munkar,, apa itu persatuan,, bukan’y tuk mwujudkan kdua nya gag blh ada kata dendam..

    lebih singkatnya,, orang2 yang msh seneng perang itu adalah orang2 berotak kosong yang gampang di bkin goblog alias TIDAK BERPENDIDIKAN…

    komentar2 pesan moral yang di sampaikan di atas ini saya pikir tidak akan bisa untuk mengubah prinsip mereka,, karena mereka kan orang tidak berpendidikan..
    gimana mau MENJALANKAN, MEMBACA saja TIDAK BISA

  117. Riko,ga usah bnyk cingcong kmu,…kl ketemu ta habisin kamu nanti….yg jls PSHT akn selalu jaya d indonesia…

  118. ho alaaaaaah…. “gitu aja ko reeee….pot”, seng penteng pie carane golek DUIT seng halal, ok broooooo…..

  119. salam persaudaraan.Ashter gresik,tpi pengesahan bojonegoro.

    wes gag usah gelot genyo.wong pdo dulur e kog.damai zow

  120. RICO…
    mungkin u rang pinter yg ber pendidikan tp g ngerti cum pinter doank, mong coz pnddkn, sopn santun dll, tp you ndiri g nyadar. rang yg kyk u tu yg selalu bikin okem,korupsi,g bertnggung jwb,g sopan,cum bisa komentar n mong doank g lebih dll. n jngn lup u jug termsuk pecundang,klo Lw mang Laki2 yg berpndidikn Lw mong dpn kmi jngn diblkng. nti u akn thu bednya rs skit karna virus n bogem mentah.

  121. he…bocah bocah seteka,jo kakean nyocot kon….ngomong asl jeplak koyo iso gelut ae le le,ngmong gedabus buz buz buzzzzzzzz.yen lanang tenanang tan enteni le siji lawan siji……paling banter ngroyok.mengko yen jagone wis keok trusssss ujung2 e yo kuwi seraaaaang ngeroyok.emang iku ajarane si warno yo…yen ngakuuuu putune eyang suro KUDUNE isin le le……cah mediun lor

  122. Nek sek badokane sego.gaksah kyok warok…nek neng dunia maya iso akur ,ngopo nek neng dunia nyata,kbeh kyok gathel….
    Urip ber sepisan,jo ber gelot ae rex..
    …CAH NETRAL…
    {slam peace}

  123. yg ga merasa punya andarbeni gausa ikut campur yo le.wis urus wae awkmu dewe.tak jelasin ya gada gunanya buat kamu….mending yo mendel mawon nggih le he he he.oponneh ki cah netral ki nyusu wae ndok omah yo rasah metu omah mengko keno polo

  124. mndngan ddi cah NETPAL ,, dri pda melu pencak silat wanine kroyok’an,,,
    gw kbna mu mperkeruh permasalahan anda”, tpi gw cmn pngen anda” tu,nyadar alu permusuhan tu gk bgus,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    NETRALL IS THE BEST

  125. eh lu netral..elu gaosa nimbrung deh.klo lu ikutan ya itu namanya ga netral dlong.nih byk buktinya klo loh byk ikut2an,elo ntar yg kena sasaran….mending macul wae yo ha ha ha.takut gitu kena sasaran…..

  126. mohon kepada admin, website ini atau artikel tentang ini lebih baik dihapus saja daripada banyak mudhorotnya. Yang jelas anthropologi unair sudah mengetahui akar permasalahan ini. terima kasih.

  127. ok damai aja

  128. sedulur kabeh aj podo tukaran sing penting rukun kabeh asik aja nanti mbah suro biar tenang

  129. EKS
    ora mungkin STK ro TERATE DAMAI…..sing marai kisroh yo cah terate…..
    EKS

  130. ni muxin rasah kakean cocot tak tandangi tenan paling paling nangis le le….ngene le yen awkmu rumongso duwekmu kwi pualing apik yo dakonono aku ra milik duwekmu,kosokbaline kuwe rasak milik oponeh ngelek2 opo darbe e liyan…..

  131. salam sedulur PSHT & PSHW,
    wis ojo podo padu, sing rukun.
    elingo marang gusti sing maringi urip.
    eling menungso asale soko gusti siji.
    yo wis dulur…mugo2 pdho eling
    bpp

  132. sebenarnya sesepuh maupun senior sudah berdamai…
    tinggal anggota-anggota yang tak mengerti sejarah maupun ke SH an yang membuat suasana makin rumit…
    terkadang kepentingan pribadi dibawa2 dlam pertikaian organisasi…
    saranq… sesama ilmu yang berasal dari mbah suro jangan bertengkar…
    apakah gak kasihan dengan mbah suro yang bersedih di alam sana melihat penerus-penerusnya saling bertikai,…
    sadarlah dulur…
    maaf q tidak bermakasud menggurui cuma mengingatkan sebagai sesama saudara…
    salam dari saudara di Blitar

  133. Ayo….. damai bukankah lebih Indah.
    Sampaikan ke semua bawahan sampai yang terkecil SHT dan SHW adalah satu yaitu Setia Hati. gak ada tawuran dan g ada musuh2an . Itu baru Pendekar sejati

    Niatnya aja bagus, jadi tumindak nggeh seng sae……

  134. smua brasal dari niat yg baek,dari hati yg pualing dalam…benernya klo bs saling jaga saling menghormati tenggang rasa ,smua takan terjadi.tapi apa yg terjadi,kyataannya tak smudah membalikkan tangan.karna sifat ego paling hebat paling benar ….romongso iso(harusnya iso rumongso).selami hakekat ilmu sh yg sebenarnya…ilmu iku angele yen durung ketemu bukan..

  135. salam dri sy cah demangan skrg tiggl di jkrta>10 thun,sy n dik sy sh terate,adik yg terakir nikah dgn stk,paklik sy sh winongo di matigondo,keponakan sy di merak sht, da lgi paklik sy di nambangan sh terate dan masih banyak lagi,ada juga yg tongkat putih skg di bali kyaknya skg dah pulang k madiun.,, intinya sy menyadari dan memahami bahwa kita di lahirkn di muka bumi bukan untuk saling bermusuhan namun ,,,,,untuk IBADAH kpd ALLOH swt…ok..selamat beraktivitas.mari kita jemput masa depan kita dengan hal2 positif

  136. seneng liat dulur2 ku pada rukun mari kita tunjukan kalau kita PSHT dan STK berasal dari satu eyang..satu saudara..dan satu kewajiban yaitu menjaga kelestarian pencak silat indonesia,saling menjaga dan menghormati…buktikan kalau k’SH an yg kita dapat benar adax…Urip Iku Urup(Hidup itu Nyala, Hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain disekitar kita, semakin besar manfaat yang bisa kita berikan tentu akan lebih baik, tapi sekecil apapun manfaat yang dapat kita berikan, jangan sampai kita menjadi orang yang meresahkan masyarakat).
    JAYA SELALU BUAT KITA SEMUA PARA PENERUS EYANG SURO DMANAPUN BERADA…

  137. saya warga PSHT,,,saya menyimpulkan bahwa antara SHT dan SHW yg palinG benar adalah SHT karena SHT di didirikan oleh Khi Hadjar Hardjo Oetomo yaitu murid Khi Ageng Suro Diwiryo,,,,Beliau memberi tugas kepada Khi Hadjar Hardjo Oetomo untuk mengembangkan pencak silatnya…dan dari situ sudah terlihat bahwa SHT di didirikan SUDAH mendapat RESMI/PERSETUJUAN dari Khi Ageng Suro Diwiryo,,,,sedangkan SHW apakah sudah begitu juga??????dan Siapa pendiri SHW???jika jawabanya Khi Ageng Suro Diwiryo jelas BUKAN,,,Khi Ageng Suro Diwiryo adalah pendiri STK bukan SHW … dan STK lahir pada tahun 1903…bukan SHW yg 1903…berarti wOng SHW wong GUOBLOK,,,CUENGOHH..O’ON,,,

  138. LANJUTKAN……….syiar SH nan JAYA

  139. Sng bener sht shw,,sng slh yo sht shw…q kok malah bingung…

  140. Orang/kaum yg menjelek2n orang/kaum yg lain,,bisa jd orang/kaum yg menjelek2n tersebut,lbh jelek drpd orang yg dijelek2an….hadits

  141. Orang/kaum yg menjelek2n orang/kaum yg lain,,bisa jd orang/kaum yg menjelek2n tersebut,lbh jelek drpd orang yg dijelek2an….hadits..

  142. astaqfirullah hal adzim…………………………..

  143. semua bicara keinginan untuk berdamai . !
    Apa ada upaya untuk mendamaikan . ? ?
    Buat yang mau bikin forum pendukung perdamaian sht, sht, stk saya akan mendukung sepenuhnya . ! !

    089632417838
    Fb :cliquers_handk@yahoo.com
    Tweet : ddokiii

  144. SALAM EKS
    ELENG KUAT SLAMET
    SEDULUR TUNGGAL BANYU
    SEDULURTUNGGAL KECER
    SEDULUR TUNGGAL JANJI
    SEJATINE AJARAN ORA ONO AJARAN SENG MARAKNO UWONG DADI KERAH
    EBES WIS TINDAK, AYO PODO GAWA JENENGE EBES
    ORA ONO GUNANE AWAKE DHEWE NDUDOHKE SAPA AWAKE DHEWE
    SENG PENTING PIYE CARANE AWAKE DHEWE ISO URIP BEBARENGAN

  145. slam persaudaraan nopo to podo ribut2 mawon,pun mboten sah podo gelut niki jamne susah lombok sekilo pun 80rb,bras pun 160rb/karung,ten dokter geh mahal geh to sedulur kabeh??? pun monggo mboten sah podo gelut kaleh sedulur piyambak geh,,,,,, mesakke pemerintah pun kakaen masalh ,monggo podo sami2 gandengan tangan dadosaken indonesia ingkang makmur !!! Amin ya robal alamin………..
    salam damai kgem kdhang2 SHT kaleh SHW
    (salam horamat kulo,anak SH)

  146. dadi wong rasah keminter….biasae sing pinter ngoceh iku sing ganok isine,mulane golek ngilmu iku kudu gelem rekoso gelem nglakoni lan gelem sabar…….ojo dupeh duwe duwit lngsg kecerannnnnn ha ha (rasah nesuuuuuuu xiii xiiiiiiiiiiix ……mangkane iso o rumongsooooo )……….medioen 1922

  147. Emang ribut terus,klo dah menang mo dapat uang pensiun?makan tuh pencak rantang…

  148. KBeh pdo juEEEhhhh

  149. Assalamu`laikum. Wr. Wb.
    Semua orang menghendaki kebaikan dan kebenaran, dan sebenarnya kebenaran yang sejati adalah yang tidak merugikan orang lain, yang mencintai sesama, tidak mementingkan kepentingan organisasi, dan tidak menuntut ketenaran.
    semoga kita bisa menjadi yang terbaik untuk diri kita sendiri dan orang lain.
    Setia pada Hatinya sendiri….

  150. Jangan cma di sni ja sht & shw damai…tp tnjukin keMsyarakan itu lbh pnting kalo emang sht & shw damai khusus’y dimadiun…soal’y yg menilai baik & buruk’y masyarakt….bktikan kalo sht & shw cinta damai…jan9an cma dngan kata2 tp dngan skap….!!!
    Untk pa brtngkar,,,,brilah ketnangan kemasyarakat jangan slalu membri keresahan….

  151. Sy anggota SHT Salam Persaudaraan :)
    Saudaraku di madiun tuk Sht & Stk mulai sekarang mari kita coba menghadapi setiap permasalahan dengan hati bkn dengan kekerasan kita semau yg diturunkan ilmu beladiri oleh jasa Guru Besar Eyang Suryo Bkn tuk Menyakiti sesama saudara tp menjadikan kita pendekar yg arif dan bijaksana
    jangan buat eyang menangis krna sedih melihat Cucunya Sht & Stk Bertengkar jadikan eyang bangga meliahat ajaran beliau di gunakan tuk kebaikan makan beliau akan tersenyum indah

  152. Sy anggota SHT Salam Persaudaraan ;)
    Saudaraku di madiun tuk Sht & Stk mulai sekarang mari kita coba menghadapi setiap permasalahan dengan hati bkn dengan kekerasan kita semua yg diturunkan ilmu beladiri oleh jasa Guru Besar kita Eyang Suryo Bkn tuk Menyakiti sesama saudara tp menjadikan kita pendekar yg arif dan bijaksana
    jangan buat eyang menangis krna sedih melihat Cucunya Sht & Stk Bertengkar jadikan eyang bangga meliahat ajaran beliau di gunakan tuk kebaikan maka beliau akan tersenyum indah

  153. PSHT bukanlah SH ASLI..
    krn ki hadjar harjo utomo bsa d katakan penghianat kpd eyang suro,,
    hajar sdh mnta ijin eyang suro,tp eyang tdk merestui
    eh si hadjar malah ngeyel,,
    OJO DADI WONG SENG NYEMBAH MORI,,,,
    SEMBAHLAH TUHANMU,,,

    eks

  154. indar@ sht pancen dudu sh asli, tpi ilmune sh asli. Sht yo psht dudu sh. Ngrti ora?

  155. gawe opo rek gontok2 an, pancen awak e dewe d warahi gelut karo silat, lek pingn gelut melu prtandingan wae, kalahpun tdak malu, menang dapat hadiah nma organisasi bagus nma negara jg bagus, salam 1922 by brandal blitar

  156. wong iku yen diwenehi patine ketemu uripe, yen diwenehi senenge ketemu rekasane, yen dioyak senenge ketemu rekasane.

  157. sebenarnya kl kita mengerti da menggamalkan apa yang telah diwariskan oleh guru kita masing masing tentunya hal hal yang bersifat profokasi itu kita bisa cegah, kl kita lihat lihat secara nyata, banyaknya orang yang ikut organisasi itu bukan mencari ilmu yang terkandung didalamnya akan tetapi mencari temen yang bisa membela kapan pun dibutuhkan, kl mau mendalami ilmunya nggak mungkin pertikaian itu terjadi, ya namanya manusia kl belajar maunya cuma setengah setengah ya begini jadinya konflik yg nggak ada ujung habisnya, sebenarnya apa yg di cari, menang kalah toh sama sama rugi, kl mau berfikir dan mau mengintrofeksi diri semua ini tak mungkin terjadi. perbedaan itu bukan akar dari pertikaian tapi sebuah keragaman yang perlu dipelihara dan di jaga untuk kebinekhaan. bukannya dulu telah ada falsafah BHINEKA TUNGGAL IKA, walau berbeda tetep satu jua. terima kasih, salam saudara untuk bangsa Indonesia

  158. mbah JO JIMAT ISTANA 95 FM

    ANDAIKAN EYANG MSH HIDUP…TAHU CUCU2NYA BERTENGKAR BELIAU AKAN MENANGIS..DAN MENYESAL NURUNKAN ILMU2NYA…DAN SY BIKIN ACARA ”JIMAT” DIRADIO ISTANA 95 FM..BERTUJUAN UTK MENJALIN PERSAUDARAAN,ENTAH DARI MANA ASAL PERGURUAN ANDA,, KALO GK PERCAYA DENGARKAN DI RADIO ISTANA FM 95 BOJONEGORO..SETIAP MALAM JUM’AT JAM 22.00 ATAU DI STRIMINGNYA…. http://WWW.RADIOISTANAFM.COM…SY DULU JG ORG SH….SALAM DAMAI BERSAUDARA…

    • saya arek SH Tunas Muda Winongo, Saya sering dengerin acara Jimat Panjenengan.
      saya setuju pendapat Mbah Jo…eyang pasti menangis jika melihat cucu-cucunya saling bertengkar..semoga SH Winongo, SH Terate, IKS,PN…Pokoknya Semuanya bisa segera rukun.
      Salam Persaudaraan, jg Salam Jimaters buat saudara2 silat.

      seifirozidan@yahoo.com

      • Mau liat SH Trate dengan Nongo akrab ya? Ada caranya kok. Pimpinan SH Trate dan Nongo suruh adakan pertemuan rutin saling jabat tangan, saling memaafkan , saling rangkulan, tunjukkan keakraban. Itu kunci utama sebagai peminpin harus berani memulai dan jangan pertahankan gengsi atau ambisi. Acara itu lakukan di hadapan para warga sh trate maun pun nongo secara rutin, sambil sesepuh kedua kubu memberi penjelasan yg sejuk kepada pengikut masing2. Insya Allah para murid dibawah akan tutwuri handayani. Sekarang ayo dimulai siapa yg berani memulai lebih dahulu dialah yg mulia pikirannya. Pertanyaannya Maukah para sesepuh atau para pendekar kedua kubu melakukan hal itu? Karena Menasehati Para pendekar tingkat III kan tidak mudah apalagi dia merasa sakti, kuat, hebat. Tapi saya yakin mereka juga punya hati nurani pasti ada keinginan untuk bersatu dalam kebaikan. Tinggal kapan itu dimulai. Itu saja usul saya.

  159. saya warga PSHT menginginkan dulur2 bersatu tidak bentrok lgi

  160. salam SH………….. saya ingin SH bersatu……………… STK DAN TERATE SLL JAYA. AMIEN

  161. M ali albais zein

    ALANGKAH parahnya bagi” saudara-saudara SHT & SHW udah tau apa belum eyang suro serta pinisepuh sesudah beliau mengajarkan serta mengamalkan ajara memayu hayuning bawono , kalo otak kita masih di selimuti nafsu amarah adigang adi gung adi guno sudahkah kita pantas di sebut memayu, musuh terbesar SHT & SHW adalah ego individunya bukan ajaran , trah / tetek bengek atributnya, ajaran SETIA HATI memuat ajaran luhur yg berintikan ajaran budi (rasa) untuk mencapai titik temu haqiqat keESAan alloh, sebelum berucap & bertindak hendaklah di pahami dulu sebab serta akibat nya, ajaran yg bermuara sama kenapa di perdebatkan ,ingat tujuan eyang suro mengajarkan ilmu & ngelmunya hanyalah semata” untuk mengantar kita pada gerbang pengenalan diri (seng sopo wonge kenal mreng diri ne mongko wong iku mesti kenal mreng gustine ) من عرف نفسه فقد عرف ربه
    jadi yg salah itu bukanlah SHT / SHW tapi menungsone dewe”,,, ngroso paling bener ngroso paling wah ngroso paling kuat ,tp kalo prakteknya masih salah ya maaf kalo rusaknya ajaran SETIA HATI karena ulah dari generasi penerus eyang suro, jadi bagi saudara” SHT / SHW hendaklah belajar lagi kerohanian tentang ajaran SH ,,, namaku M ali albais disahkan oleh SHT di martapura oku timur sumsel 1995 nomer hp 085852349121 tinggal di kediri jawa timur.
    PESAN BUAT SMUA SEDULUR SHT KHUSUSNYA UMUMNYA PADA PENGAMAL AJARANE EYANG SURO
    ” PERBEDAAN KEYAQINAN BOLEH SAJA TAPI INGAT SEMUA YG KITA YAQINI PASTI AKAN DI MINTA PERTANGGUNG JAWABANNYA”
    AJINENG DIRI SEKO PAKERTI (harga diri berasal dari pengertan & pemahamanmu)
    semoga SH jaya selamanya salam persaudaraan SENG JEK PINGIN TAWURAN YO MONGGO BOTONGO berarti jek seneng dadi kewan gak iso mahami ajaran luhur SETIA HATI & perjuangane leluhur eyang suro diwiryo
    والسلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

  162. anang wibowo aSHter Sragen

    dari beberapa komen yang saya baca dari dulur dulur PSHT maupun SHW semua menginginkan perdamaian.,.,.,jika msh ada satu dua saudara saudara kita yang msh ngotot goleki menange dewe semoga cepat dibukakan pintu hatinya mergo wong urip iku satu tujuan kanggo ngibadah mreng gusti mergo kabeh iki amung titipan .,.,.,.,

  163. mri satu kn hati ,mnbka diri toh yang terbaek darpd kta sll berseteruah sesama saudara…………………………………. bkn kta sm2 d lahrkn oleh 1 guru eyang suro pa lg ckrng bln ramadan alangkah lbh baek kta brsatu ……………………………yang pntng kta jangan memikirkan ego kta

  164. Saya heru warga persaudaraan setia hati winongo
    terate pancen gatelllll bajingan

  165. Menyedihkan mendengar kotaku masih dengan konflik yg sama dari dulu.
    Sejak SD sampai SMA aq selalu berada dalam 2 area konflik tawuran.
    Yang membuat hati tidak nyaman hidup di madiun.
    Apakah klo tawuran akan menjadi jagoan ???
    Yaaa..itu pasti jawaban semasa aq SMA
    Tidak… setelah aq menginjak masa dewasa
    Apakah klo kita benjol dan mengeluarkan darah menjadi bangga ??
    Yaa..itu jawabku dihadapan teman sebagai simbol aq jagoan & setia kawan
    Tidakk.. setelah aq merenungkan saat ini bahkan aq menertawakan kebodohanku saat itu
    Apakah kita bangga bila berhasil memukul bahkan melukai lawan ??
    Yaaa..itu jawabku dengan penuh kesombongan dan supaya dianggap jagoan
    Tidakk.. itu jawabku saat ini seraya hati teriris melihat luka-luka di tubuh sahabatku yg tak berdaya krn dipukuli dan dirobek oleh senjata tajam tanpa mengetahui mengapa ia dianiaya

    Aq sadar bahwa itu salah ketika usiaku bertambah tua,,,
    Aq bertanya dalam hati dan perenunganku ….

    MUNGKIN EYANG AKAN MENYESAL DAN MENANGIS DI ALAMNYA..
    MELIHAT PERGURUAN YANG DI DIRIKANNYA MENJADI SEPERTI INI
    MENJADI KONFLIK YANG BERUJUNG PADA PERKELAHIAN BAHKAN TERKADANG MENGAKIBATKAN KEMATIAN.

    SH Terate dan SH Winongo …. Semua baik karena kita satu saudara.

    Peace..

    Nanda..arek Medion

    SH Terate dan SH Winongo

  166. SH TERATE tetap jaya selalu,masssssssssssssss……………………….
    SH WINONGO wajib dihancur kan sampai akar”nya,jangan sampai ada sisanya…………………..

  167. EKS .’.
    ALLAHUAKBAR.
    STK JAYA
    STK BERSATU
    STK diHATIKU
    EKS .’.

  168. hahahaha….

    kalo saya bukan orang apa2 cukup orang indonesia… kalo saya orang baik2 saja, hidup cukup, bisa beli mobil, rumah, kerjaan Alhamdulillah lumayan, ibdah tenang, cukup kan hidup begitu….? muda kaya raya mati masuk surga…..

    timbang gegeran ra jelas, ujung2nge kebedil polisi…. ninggal anak bojo malah ngenes urip koyok ngono…

  169. dari crita Mas Soebandrio d atas, bisa kita jadikan pelajaran buat kita sesama orang SETIA HATI.. walaupun nama organisasi kita sedikit berbeda namun ajaranx sma dari guru yg sama yaitu Khi Ngabehi Suro Diwiryo.. untuk apa kita bermusuhan, kalah dan menang tetap aja rugi..
    salam PERSAUDARAAN………

  170. Apapun bentuknya, Apapun warnanya, Apapun baunya tetap saja sama,…saudara tetap saudara,..satu tujuan,…manunggaling paseduluran,…jaya persilatan Indonesia,..
    PSHT YES,..!
    SH WINONGO OKE,…!
    STK ASOYY,…!

  171. saya berasal dari Maospati – Magetan JATIM. seorang netral tapi tidak sedikit saya punya teman main ataupun teman sejawat dalam bekerja bersala dari kedua perguruan tersebut. dulu, rentan waktu 1993 – 1995 waktu saya masih sekolah SMA, demi membela eksistensi nama besar perguruan, 2 temen dari STK dan 3 temen dari PSHT meningggal dalam kurun waktu 3 tahun berturut – turut oleh karena kekacauan yang acap kali timbul setiap ada moment (hari besar) masing – masing perguruan. sedih dan merana sekali saya dibuat, kenapa dan buat apakah hal ini (kekerasan dan adu senjata) dipertahankan dan terus berlangsung sepanjang tahun…?? coba STK dan PSHT gabung saja, kan lebih solid to..??!! dari segi persaudaraan kan jadi tambah banyak, dari segi bisnis pun kan juga tambah kuat, dari segi massa juga mumpuni. pliss deh…saudaraku STK dan PSHT, mari kita jabat tangan erat penuh senyum yang ikhlas supaya ke depan perguruan pencak silat yang besar ini semakin eksis dan semakin besar lagi (kan sudah go international). kasian generasi, adek adek kita kalau masih berantem saja antara satu dan yang lain.

  172. alangkah indahnya klo SHT&SHW bersatu..pasti tmbah bnyak saudara qt.

  173. Kalo gtu mendingan kita berdamai sja karna SH TERATE & SH WINONGO tunggal kecer…………

  174. Hehehehehe,,,, Saya malah jadi bingung melihat komen2 diatas,…. kebetulan kemaren saya riset mas-mas sekalian,…. sya sudah ketemu sma pimpinan masing2 klompok. kesimpulannya adalah,….
    1. Lha bagaimana mungkin bisa bersatu, orang pecah saja tidak pernah terjadi????
    2. STK dan SHT adalah organisasi yang berdiri secara mandiri, tidak dibawah naungan SH sebagai organisasi induk.
    3. Konflik itu tidak ada sangkut pautnya dengan prsoaln yang “dianggap sebagai perpecahan SH secara institusional”.
    =========================

  175. Seiring dengan hal itu ki Hajar Hardjo Oetomo sempat mengambil keputusan terakhir, dimana satu – satunya jalan adalah mengundurkan diri dari Persaudaraan Setia Hati.

    Kemudian beliau dengan berat hati mengajukan / ijin restu untuk mendirikan perkumpulan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Muda ( SHM ) namun permohonan tersebut oleh Ki Ngabehi Soerodiwiryo tidak dijawab sepatah katapun.

    Walaupun tidak ada jawaban dari Ki Ngabehi Soerodiwiryo , Ki Hajar Hardjo Oetomo tetap dengan pendiriannya yaitu mendirikan Perkumpulan Pencak Silat Persaudaraan SH Muda di Desa Pilangbango Madiun

    Dikarenakan adanya latihan di Pilangbango Madiun oleh Ki Hajar Harjdo Oetomo akhirnya SHM dicap SH Merah ( Komunis ) oleh Ki Ngabehi Soerodiwiryo. Karena merasa dipolitisir sedemikian rupa dan untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan maka nama PSHM dirubah menjadi PSC ( Pencak Silat Club )

  176. Sbnrnya gk ada yg salah dan gk ada yg bnar,hanya kbwa suasana aja kq,,cba klo ktmu satu lwn satu,,gak ada apa2 khan,,,,krna bnyak teman jdi akhirnya merasa jagoan,,,,suran agung maupun suroan.tpi hati kecil saya mengatakan,,utk mencapai ti2k temunya itu susah,soalnya keduanya merasa jagoan,,itu pun klo ADA ACARA TAHUNAN,,mendingan di bikin pertandingan aja,antara terate kro nongo,,siapa yg jdi pemenang akhir jdi itu sh yg bener.beres kan,saya wrga sht ’96 BULU SEKAR MADIUN.aku jga siap klo ikut prtandingan lawan nongo,kalah menang yg ptg puas,dari pada drop2an terus,,,,mgkin itu aja saran ku,,nek ono wktu mampiro nang alamatku iki y,,,tak enteni kbrmu cah nongo,,,

  177. Koment.kmu malah justru mempekeruh suasana aria,,???? Kwe podo ae mancing emosine wong sht,,,ceritomu iku sama sekali gk bener,,ora enek sejarahe neng sht/shw,,,aku malah lgi krungu,,,emang lhir tahun piro awaku…?

  178. Jl.serayu kulon cah nongo,,,jl.serayu etan cah terate tapi DAMAI selalu,,,ws gk usah gegeran,,,nek arep tawuran,,lek2an kro aku dsek,nek enek sing ngalahke aku,trsrah we arep tawuran kro cah terate…sory bro bukane sombong KENYATAAN,aku cah serayu,aku mabuk bareng jga kro cah pentolane nongo,tpi enjoy wae..sopo sing gk kenal kro aku khususe cah serayu,rokan indragiri,taman,ciliwung lor,kidol basise nongo,bulu sekar,tuntang,mesti knal kro jenengku….ws ra sah gegeran,ayo rukun ae,,,?

  179. Banyak versi pendapat perihal PERSAUDARAAN SETIA HATI, banyak pro dan kontra berdasar fanatisme baik didasarkan pada pemahaman maupun tidak, banyak juga yang mengambil sikap netral dan membangun, serta tidak sedikit pula yang acuh.
    Berikut saya hanya coba MENGAJAK UNTUK MELIHAT & MERENUNGKAN REALITA YANG TERJADI dikarenakan hal ini yang betul-betul kita alami serta saksikan dan bukan atas dasar pendapat yang hanya cerita yang kita tidak tahu SKENARIO PEMUTARBALIKAN FAKTANYA.
    Saya adalah seorang yang menjadi WARGA SH TERATE Daerah Khusus Pusat Madiun pada tahun 1981 dan Saya adalah seorang yang telah selesai menempuh pelajaran TINGKAT III di SH WINONGO.
    Apa yang saya rasakan dan alami pada waktu menimba ilmu di SH TERATE dan WINONGO adalah sebagai berikut :
    1. Pelajaran Jasmani :
    • SH TERATE : Sangat disiplin dalam pembentukan jasmani
    Peletakan dasar gerakan sangat ketat & mendalam
    Kekayaan jurus asli tidak terlalu banyak
    • SH WINONGO : Tidak disiplin dalam pembentukan jasmani
    Peletakan dasar gerakan kurang mendalam
    Kekayaan jurus asli banyak
    Latihan atas dasar kemauan pribadi
    2. Pelajaran Rokhani :
    • SH TERATE : Kejawen
    Tidak mengalami perubahan ritual&ajaran
    Pengesyahan bisa dilakukan oleh dewan
    • SH WINONGO : Pengasuh terus belajar pencarian ilmu haq
    Ajaran mengalami perubahan kearah agama
    Pengesyahan hanya dilakukan pengasuh
    Ajaran&ritual kerokhanian mendalam sejak masuk

    3. Riwayat Guru besar :
    • SH TERATE : Guru besar saya RM Imam koesupangat
    Meninggal krn sakit dimakamkan di madiun
    Isyu sakitnya karena tenung dari SH Winongo???
    • SH WINONGO : Pengasuh saya HR Djimat Hendro Soewarno
    Meninggal dunia saat pelaksanaan ibadah haji
    Dimakamkan di tanah suci
    Dari paparan diatas mari kita renungkan dengan hati kecil yang paling dalam dan dengan akal jernih : “ Kalau memang PENGASUH SH WINONGO BUKAN SEORANG PILIHAN, MENGAPA AKHIR HAYATNYA DITAKDIRKAN MENINGGAL KHUSNUL KHOTIMAH DI TANAH SUCI PADA WAKTU IBADAH HAJI UTK PERTAMA KALI???dan kalau memang GURU BESAR SH TERATE ADALAH ORG YG SELALU DILINDUNGI ILMUNYA, MENGAPA TENUNG/SANTET DIJADIKAN ALASAN SEBAB PENDERITAAN SAKIT SAMPAI MENINGGAL??? ITU SEMUA ADALAH ISYAROH DARI ALLOH

  180. “ Kalau memang PENGASUH SH WINONGO BUKAN SEORANG PILIHAN, MENGAPA AKHIR HAYATNYA DITAKDIRKAN MENINGGAL KHUSNUL KHOTIMAH DI TANAH SUCI PADA WAKTU IBADAH HAJI UTK PERTAMA KALI???dan kalau memang GURU BESAR SH TERATE ADALAH ORG YG SELALU DILINDUNGI ILMUNYA, MENGAPA TENUNG/SANTET DIJADIKAN ALASAN SEBAB PENDERITAAN SAKIT SAMPAI MENINGGAL??? ITU SEMUA ADALAH ISYAROH DARI ALLOH

  181. Tu,,,,kan,,denger sendiri kan,,,warga sht/shw,dia ikut semua,,skrg kita cermati brsama dia tahu dan bsa menterjemahkan ajaran sht/shw,,dilihat dri segi manapun tetep sht yang bener SETIA HATI,,,matur suwun mas atas informasi kagem sedoyo sht/shw.

  182. Hidup damai itu indah..
    SHT/SHW kie podo wae…
    gk usah pdo geger..ahahaha.a….

  183. kita adalah satu untuk lebih jelas mslh sjrh akan lebih baik semua ketua membeberkannya. untuk musuh yg terbesar ada pada HATI kita masind-masing bukan pada SHT atupun SH Tunas Muda.

  184. Sing nulis sdh kelihatan kalo bukan orang SH.

  185. salam persaudaraan.. Jaya slalu SETIA HATI.. Peacee..

  186. saya anak TERATE,
    saudaraku, sadarlah.. kita adalah 1 guru dan tunggl kecer.. dengan tujuan yang sama.. alangkah baiknya jika kita tdk saling brmusuhan,
    hargailah perjuangan pendahulu kita ..

  187. sedulur kabeh,elingo……awak’e dewe iki uduk kewan! jo gmpang di obor”i,stk n terate iku dulur…..! jo gmpang di panas”i…….! g ush koyok IVAN(lihat komentar)drung karoan awak’e dwe ki bner….. ! gwe arek STK….g usah di gatekne nek koyok IVAN iku, g knek gwe conto iku…….!trus gwe arek TERATE…yo g ush d gtekne nek enk sing komentar ngono iku! sing apik gawenen sing elek tinggalno……! nek enek msalah di selesekne sing apik,g usah adu okol!cm wong goblok sing adu okol iku! adwe nduwe utek,gwe opo nek g di gwe mkir,nek ge”r sing rugi yo awak’e dwe……tiwas di surak i……….uwong. ayo kbeh dulur STK N dulur SHT……….REKAT KAN PERSAUDARAAN KITA…..JAYAKAN SELALU SETIA HATI………………..! DARI PADA GE”R….AYO DUKUNG INDONESIA-BRUNEI…………SOALE KALAH MANEH 0-2………..! GAGAL JADI JUARA!

  188. g sah norak mas browwww…..sak pinter2e pencak ra iso nangkap pluru.ra oleh beras.ra wareg.sik mempan tenung/santet……mending meneng.due masalaah g prlu woro2 marai tambah dowo…..lagi iso njotos,nendang ae wes gedi ndase,,,melu pencak g sah gae golek bolo/masa. sing penting dowo umure……..salam dukun santet

  189. joko supriyanto

    sing penting sdulurane ayo draketne,konco lweh akeh apik,penting ojo akeh msuh…….! gwe opo msuhan,urip cm spisan……..!cm mmpir ngombe!

  190. bersatu sih gampang emang udah pada mau

  191. Kenapa PSHT Cabang Malang baik prestasinya di kejuaraan IPSI dan antar cabang? itu karena konsentrasi pembinaan utk menjadikan pesilat juara jadi tak ada waktu lagi utk tawuran, walaupun utk urusan ke SH an kami juga tak kalah mendalam dibanding dulur2 di Madiun semua krn senior2 kami yg betul2 menerapkan ilmu SH dalam kehidupanya shg sukses menjalani hidup dan dapat membantu adik2nya dalam meraih prestasi, Mas Darma Sanjata, Ir Agus Santoso, Dr soewarno (alm), Dr Lilik adalah orang2 SH yg sukses baik didunia pencak silat maupun diprofesinya. Kalau PSHT dikatakan SH palsu mengapa di Malang prestasi pencak silatnya diakui dan orang2nya sukses? Jadi mengapa harus rebutan paling Asli atau paling Tua??? lihat hasilnya !!! BERKACALAH MADIUN sebagai asal “ILMU” ini, Semoga mendapat Hidayah dan budaya tawuran berubah menjadi persaingan prestasi olahraga dan apik2an NGLAKONI URIP. AMIIN

  192. jka smua prguruan bisa bersatu mngkin akan damai indonesia ini,…….

  193. koreksi diri sendiri..gausah menilai orang lain dulu…………..

  194. tontoen dulur kbeh
    Kedua perguruan tersebut awalnya merupakan satu perguruan yaitu Setia Hati (diawali berdirinya Sedulur Tunggal Kecer) yang berdiri di kampung Tambak Gringsing Surabaya, oleh Ki Ngabei Soero Diwiryo dari Madiun pada tahun 1903. Pada tahun tersebut Ki Ngabei belum menamakan perguruannya dengan nama Setia Hati, namun masih bernama “Joyo Gendilo Cipto Mulyo” dengan hanya memiliki 8 orang siswa. Didahului oleh 2 orang saudara, yaitu Noto/Gunadi (adik kandung KI Ngabei sendiri) dan kenevel Belanda. Organisasi silat tersebut mendapat hati di kalangan masyarakat sekitar tahun 1917, yang mana Joyo Gendilo Cipto Mulyo mealkukan demonstarsi silat secara terbuka di alun–alun Madiun dan menjadikannya sebgai perguruan yang popular di kalangan masyarakat karena gerakan yang unik penuh seni dan bertenaga.

    JO KAKEAN LAMBE TUR G ENEK GUNANE STK,TERATE KI SIMAEN MAKNANE JO MIK GAWE GEMEDHE AWAK GRUDAK ” AE ISIN PODO GERANG RA GENAG KOYOK BAMBUNG E SINGKIK ?””;;;; KECEWA
    AMBIK STK,TERATE CAH ” ANYARAN BOOOHHH KEMENYEEEE,E

  195. Muatamu cok kon arek trate. . . Jok kakean cocot. . . Dapuramu. . Lapo’o nuliz. . Ngunu iku. .

  196. perbedaan pandangan itu sangat indah.tapi apa bila kedua perbedaan itu bisa disatukan akan menjadi kekuatan yang sangat dasyat.
    narto warga psht translok,ngrambe-ngawi

  197. Introspeksi lah SH-ers :
    1. Kenapa nggak belajar dari Korea yang bisa menyatukan berbagai aliran Taekwondo dan selanjutnya taekwondo gabungan ini mendunia.
    2. Cobalah melihat ke depan, jangan ke belakang. Cobalah “memasarkan” SH ke berbagai wilayah di Indonesia, bahkan ke seluruh dunia, bukan hanya ribut dikandang.
    3. Kenapa nggak belajar dari Jepang, yang memiliki berbagai jenis “karate”, namun tidak ada yang saling merendahkan.
    4. Kenapa nggak belajar dari Cina yang memiliki berbagai jenis aliran Kung Fu, namun nggak ada yang merasa yang paling benar. Mereka berlomba-lomba menjadi Kung Fu eksis di berbagai pojok dunia.
    5. Jangan seperti katak di bawah tempurung, merasa paling jago, tapi enggak ada prestasi di tingkat nasional atau internasional. Coba donk SH (yang mana azza dari 2 SH itu) melawan MMA (mix martial arts), melawan Wing Chun, melawan Capoira, melawan Muay Thai, melawan Krav Maga, melawan Jeet Kune Do. Jangan hanya saling mencaci-maki sesama SH dengan kalimat yang nggak karu-karuan itu : “Muatamu cok kon arek trate. . . Jok kakean cocot. . . Dapuramu. . Lapo’o nuliz. . Ngunu iku. .” Saling memaki seakan paling jago, tetapi nggak ada bukti kejagoannya.
    -

  198. Marilah saudara kita renungkan….
    Jika masih saling memperdebatkan, semua adalah BODOH,…
    mari kita lihat kebodohan sebagian orang2 SH itu sendiri:
    1. SH PANTI 1903 (Surodiwiryan), ada sebuah blog yg menyatakan itu adalah milik SH PANTI. Kebodohannya adalah didalam blog tersebut SH Panti memojokkan salah satu SH, yaitu SH Tunas muda Winongo hanya karena ada komentar dari warga SHTM yg mengakui SHnya adalah SH asli. Harusnya SH PANTI yg mengakui tua, lebih asli, edi peni, sopan,luhur tidak perlu memojokkan SH Tunas Muda Winongo dengan blog seperti itu, dengan begitu sudah diketahui bahwa SH PANTI tidak selalu sempurna dan istimewa, dan juga jika memang warga SH PANTI adalah orang-orang ”YES”, harusnya tidak mudah terpengaruhi oleh komentar komentar salah dan kecil yang beredar,dan bisa lebih berpikir.
    2. SH TERATE 1922, ada sebuah blog yang mengatakan bahwa SH TUNAS MUDA WINONGO adalah PKI, mengatakan STK=sisa tentara komunis,padahal PSHT sendiri adalah lulusan dari STK 1903. SH Terate dimana-mana menyempitkan perguruan lain seperti IKS ,PN, SHTM Winongo.
    3. SH Tunas Muda Winongo, ada komentar kecil yang mengatakan SHTM Winongo adalah SH Asli,, padahal pendiri SH Tunas Muda tidak mengatakan seperti itu. SH Winongo juga bermusuhan dengan SH Terate.
    Jelas,,, yang bodoh bukan SH nya tetapi orang2nya entah itu SH PANTI, PSHT, ataupun PSHTM Winongo,, coba diamlah semua.. mari bersatu. Daripada bacok bacokan dengan sesama saudara SH, mari kita bacok pejabat-pejabat yang korupsi, sok gaya itu.. lihat bangsa kita jangan diisi bangsat2.

  199. sebelumnya saya minta maaf, ini saya mau tanya siapakah sebenarnya RDH SOEWARNO (PENGASUH PSHW) & Bpk. HASAN HADI SOEWARNO, saya ingin tahu riwayat hidup beliau, trimakasih

  200. psht di timor leste, akan di lenyapkan, karena sering menunjukan ajaran islam. wahhhhhhhhhhh,apa tuuu gara-gara psht jadi nganut islam, lucu………

    • saya pesilat bukan dari sh,dari uraian diatas saya pengen tanya ke sh winongo,setelah dikecer tidak dipaksa atau diwajibkan belajar silat, kok aneh dan membingungkan ya ? Perguruan silat tapi membolehkan anggota tdk belajar silat trus itu jadinya pendekar apa ?

  201. smoga sh terate akan ttep jaya slama lamanya kmi putu eyang suro akan slalu mnjunjung tinggi nama sh terate

  202. salam persaudaraan……………… sh terate, sh winongo, tetap jaya……..

  203. Damailah Saudara ku… by nova_pepi Madiun kota

  204. Saya bukan dari perguruan silat manapun, saya murid dari pesantren majma’al bahrain thoriqqoh shiddiqiyyah. yang berpusat di desa losari ploso jombang jatim.
    maaf, sebenarnya SH itu pencak silat apa, kok saya selalu dengar perguruan ini bentrok dengan perguruaan lain, contohnya kerasakti, dan bahkan dengan saudara perguruan pun bentrok. pakai saajam lagi, emang pendekarnya gak punya ilimu dalam atau ilmu beladiri lain gitu? terus di daerah solo, kog katanya warga dari perguruan silat SH sukanya mabuk2an, dan anehnya itu di bolehkan, padahal warga di SH qan sudah sederajad dengan guru, masak guru ngajarin mabuk2an. mohon yng mengerti di jawab, agar saya tidak salah tafsir dengan perguruan silat ini.

  205. EKS……aqhuw valentina anak PSHW ranting wnogiri
    .,sesungguhnya……perdamaian akan trjadi bila dari salah satu pihak tidak egois dan menjunjung rasa persaudaraan …….contohnya saja
    anak teratai bilang yg tidak bisa damai adalah anak winongo…bgt juga anak winongo yg blg demikian rupa………bagaimana qt dapat mnyelesaikan ini semua,,…..dan tentang perselisihan jangan lah di debat kan lagi…..SAIKI JAMANE NASIONAL,,,PENDEKAR ORA USUM…..2012….
    dan tlg lah jgn saling menyalahkan yg menimbulkan pertengkaran dan masalah…..karnah masalah itu datang dari diri sendiri………dan intropeksi lah diri masing2 sebelum melangkah……..

  206. Meskipun di publikasikan seperti ini.. percuma saja… karna yang membuat pertikaian itu sebenarnya ABG – ABG Labil dan Brandal Silat TUa yang ga tau Diri.. Konvoi Nerjang Lampu merah Gas di Blayer” Cari musuh Pengguna jalan di Hadang semua.. Peraturan negara kok mok gawe Peraturan e Mbah mu ae.. Jujur ae aku ora iso Silat Aku independent.. Cuman Niris ae Ndelok Para Pujangga – Pujangga yang Udah merasa Punya Jurus Tete Bengek Sok – Sok an mau cari Musuh.. KOnflik mu masalahmu Jangan merugikan orang lain yang tidak tahu.. Amit sewu Brapa Glintir Orang Dunia Persilatan seperti dunia mu? Kalau Sudah Masarakat Besar yang mendoakan Perguruan mu Bubar dan di Blacklist sebagai Perguruan Rusuh Dan sesat apa yang ga mungkin coba? Merasa Pinter Silat bukan buat Tawuran Woi insaf o.. iku cmn gawe Jogo awak lek kepepet dan untuk di budayakan.. duduk gawe ajang Bedigasan Kemlinti Wong kabeh di tantangi.. padu tukaran Gelut Kalah Menang Podo Loro kabeh.. ga onok guna ne COK! INGET AKU DUDU TEKO PERGURUAN AKU WONG BIASA TAPI AKU DUWE SOPAN.. JANGAN PERNAH MERUGIKAN ORANG LAIN! KALAU MAU DI HARGAI BUKAN DI TAKUTI ATAU LEBIH LEBIH DI SEBUT NGGILANI KYOK BAYI JEK KET ISO DOLANAN KOREK API.. JUANCOK!

  207. sayaa sangat setuju kalo kita berdamai sajaa…

  208. sesungguhnya…yg suka berkelei itu ndeso…..kuno….katrok..lihat lah perguruan lain di luar negri…gak ada tawuran..gak ada kroyokan. mrk melestarikan warisan budaya mrka. dg baik. aku anggota sh terate. aku benci perkelaian .mari sama2 saling menghargai kebebasan dlm memilih. termasuk dlm ideologi….salam persaudaraan..by by

  209. semua SH itu baik,,.
    entah SHT, SHW, dll,…semuanya baik,..
    berasal dari satu guru,..
    yg menjadikan adanya pertikaian adalah kita sendiri, bukan SHnya, tp kita sendiri, yg menganggap paling benar dan menganggap yg lain adl salah,..

    mari saudara2ku, kita bersatu,..
    jangan ada pertikaian lagii
    mari kita bersama – sama menciptakan suasana memayu hayuning bawono,..

    salam persaudaraan

    • warga tingkat 1 PSHT Ghaniyy

      semua tergntung dlm memahami sebgai mahluk ciptaan Allah yg berbudi luhur
      Terate, winongo, panti berawal dri 1guru, yaitu SH
      Kita semua saudara, 1 guru
      Slam persaudaran
      “Memayu hayuning bawono”

  210. aku anggota Stk dr Timor Leste,aku setuju dgn kata2 mas Ghaniyy.
    kita semua saudara,1 induk,1atap dana 1 guru mgp kita berpisa dan bermusuhan antara 1sama lain seharunya kita ber1.
    saudara ku marilah kita ber.
    slm sedulur

  211. mantap dan lengkap komennya.
    1 guru 1 ilmu jangan saling ganggu
    krah agawe bubrah
    rukun agawe sentosa
    perbedaan adalah rahmat,STK dan SHT adalah satu turunan dari eyang suro diwiryo.perbedaan ideologi yg ada saat itu antara eyang suro dan ki harjo utomo tentu memiliki alasan masing” yang bisa di terima dengan akal sehat pada jamannya.
    Hal tsb tidak perlu di perdebatkan lagi saat ini.
    Dan yang perlu di garis bawahi adalah eyang suro dan ki harjo utomo,beliau” ini adalah tetap sebagai umat manusia yang memiliki Tuhan,di samping memiliki kelebihan tetap ada sisi kekurangan sbg makhluk.
    Jadi marilah kita tetep menghargai jasa dan perjuangan beliau tapi jangan terlalu fanatik berlebihan hingga melebihi kecintaan dan ketaatan kita terhadap Tuhan YME ,Allah SWT

    Salam ASHTER PATI

  212. Aliran bosoook. kabeeeh.!!!!!!ajaran sing paling apik mung siji, ajarane Kanjeng Nabi Muhammad saw…dasar goblok kabeh!!!!! persetan sm jenege si Suro iku!!! Allaahu akbar!!

  213. SH mengajarkan untuk “Amar ma’ruf nahi munkar”, pahami ilmu SH kalian. Bukan SH yang mengajarkan bentrok antar perguruan melainkan anggota didalamnya. Jadi hanya warga amatiran yang sukanya bertikai/ warga yang belum bisa mengamalkan ilmu SH dengan baiklah yang sukanya bertikai.
    MEMAYU HAYUNING BAWONO

  214. Sbnernya semua tergantung pd pelatih di setiap ranting baik dari SH winongo ataupun SH terate,supaya memberikan cerita ƔªйǤ bner jgn ditambah2i atau dikurangi.tumbuhkan jiwa persaudaraan,,,

  215. sing arep gelut yo gelut o..ning ojo nek ngarepku…tak bedil!

    • Buat apa kita debat gara” msalah yg ga jelas??, ajaran SH kan tntang keceran yg di berikan, bukan perkelahian yg tiada ujung!, lebih baik kita tinggalkan ke primitifan cara berpikir kita.., buat n jadikan madiun sebagai kota persaudaraan setia hati.., tnpa membedakan STK, PSHT, PSHW.., kasian pendiri PSHT n STK yg sudah meninggal, mereka pasti sedih nglihat anak didiknya berkelahi tnpa alasan yg jelas…,, EKS!!

  216. Salam persaudaraan
    Sebelum menyatakan siapa yang benar atau salah siapa semua kita kembalikan kepada diri pribadi kita masing-masing asal muasal doktrin kebenaran dan mampu di terima akal sehat oleh masyarakat sekitar.
    ” BECIK KETITIK OLO KETORO ” kita sebagai murid Eyang Syuro telah diberi amanat nah bagai mana kita melaksanakan amanat tersebut terus apa hasil dari membela organisasi membela itu kepada agama atau berjihad menurut agama , membela organisasi itu penting tapi lebih penting lagi membela agama, peneliti dari luar organisasi hanya akan memperkeruh keadaan alangkah baiknya SI PENELITI MASUK MENJADI ANGGOTA PERGURUAN SUPAYA DIA MERASAKAN DIDALAM ORGANISASI TIDAK CUKUP 1 -5 TAHUN UNTUK MENELITI SEBUAH ARTI KEBAJIKAN DALAM HIDUP DAN TIDAK ASAL MENGELUARKAN ARGUMENNYA ””’SAMPAH SURVEY”’

  217. bener kata wong njero..

  218. SH yg ada hanya SATU HATI pada SETIA HATI…. salam satu hati

  219. Setia Hati Adalah sebuah ajaran yang baik,, dimana meletakkan hati kita untuk berkata, karna hati kita selalu mengajak untuk kebaikan,,,
    sekarang pertanyaanya.” Masih kah kita orang – orang setia hati ini masih mengikuti kata – kata hati kita?.”
    saya yakin… PSHT/PSHTMW mengajarkan kita mengikuti kata hati kita. sekarang terpulang pada diri pribadi kita masing masing. mempelajari setia hati dan memngamalkannya, atau hanya ikut ikutan belajar setia hati setelah itu tidak pernah mengamalkannya. hingga kita terpengaruh oleh berbagai macam kepentingan, yang menyebapkan kita terperosok ke lobang perselisihan yang semakin lama semakin dalam?
    jawabnya ada pada pribadi kita masing – masing.
    Ingat pesen leluhur kuta ” WONG SING AJI YO IKU WONG KAN MANUT OPO KANG ONO ING ATI ”
    Salam Persaudaraan…!!!!!!!

    I love U All My Brother

    PSHT RANTING ROWOSARI
    CABANG KENDAL

  220. PAK YUNUS KALTIM

    SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH KEPADA KI AKENG, YG SUDAH MEMBANTU KESUSAHAN SAYA DENGAN MEMBERIKAN NOMOR TOGEL KEPADA SAYA.
    SAYA SANGAT BERSUKUR SEKALI KARENA NOMOR YG DIBERIKAN 4D(6871) TEMBUS 100%.
    BERKAT SEMUA ITU SAYA SUDAH LUNASI HUTANG2 SAYA SEBANYAK 175 JUTA DI BANK BRI.
    DAN SAYA SUDAH BUKA USAHA BERKAT MENANG NOMOR TOGEL YANG DI BERIKAN SAMA KI AKENG….

    -JIKA ANDA SERING KALAH DALAM BERMAIN TOGEL…
    -APAKAH ANDA TERMASUK DALAM KATEGORI DIBAWAH INI
    1. Di Lilit Hutang
    2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
    3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
    4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat.
    HUB KI AKENG DI NO: 0-8-2-3-7-2-7-1-7-1-7-9
    .ANGKA TOGEL YANG DIBERIKAN KI AKENG.TIDAK PERLU DIRAGUKAN LAGI.SAYA JAMIN 100% TEMBUS . SOAL YA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN 5X PUTARAN SAYA DIBANTUH
    DIJAMIN ANDA PASTI MENANG SEPERTI SAYA>>>>>>
    .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
    «´ Thanks sOb rOoMnyA ¨`»
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..
    SALAM KOMPAK SELALU….dan selamat buat yg JEPE hari ini…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s